Kolaka Utara

Pembibitan 500 Juta Tanaman di Kolut Masuk Program Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dalam bidikan Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Direktorat Perkebunan Kementan RI memilih Kolut masuk dalam program nasional sentra pembibitan 500 juta tanaman hortikultura dan perkebunan. Direktur Pembenihan Perkebunan Direktorat Perkebunan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar mengatakan tekstur tanah di Kolut dianggap tepat untuk pengembangan pembibitan,plus Pemkab Kolit dinilai punya fokus dalam sektor hortikultura dan perkebunan.

Tanaman hortikultura dan perkebunan yang dikembangkan pemerintah secara nasional seperti lada, pala, cengkih, kakao, kelapa, karet, tebu, teh dan jambu mete. Sedangkan petani di Kolut sedang mengembangkan beberapa jenis diantaranya seperti lada, cengkih, kakao dan kelapa. “Prinsipnya program ini mendukung program peremajaan. Kita akan memproduksi benih secara masif minimal 500 juta. Kalau untuk tebu kebutuhan secara nasional 2,4 miliar batang,” ujar Saleh Mokhtar saat berkunjung di Kolut, Kamis (11/7).

Pemerintah siap membangun pusat-pusat pembenihan di seluruh Indonesia. Target pertama di 50 lokasi. Salah satunya di Kabupaten Kolut. Khusus program kakao ini ditargetkan di area 5.000 hektare. Adapun untuk peremajaan tanaman tersebar di Kabupaten Kolut, Kolaka, Koltim, Konsel, Bombana dan Konawe. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy