Pekerjaan Jembatan Bailey di Sampara 10 Hari, Ini Jalur Alternatif Sementara – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pekerjaan Jembatan Bailey di Sampara 10 Hari, Ini Jalur Alternatif Sementara

KENDARIPS.CO.ID — Pekerjaan jembatan bailey (jembatan darurat tipe rangka) di jalur trans Sulawesi Kecamatan Sampara mulai dikerjakan, Kamis (18/7) pagi. Rangka baja ringan sudah terpasang. Estimasi pengerjaan paling lama 10 hari. Dampaknya, warga dari Kota Kendari yang ingin pergi ke Kolaka Timur (Koltim), maupun sebaliknya tidak bisa lagi melalui jalur tersebut. Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Konawe telah menutup jalur tersebut sejak, Rabu malam (17/7). Namun, tak perlu khawatir, karena pengendara bisa menggunakan jalur alternatif. Misalnya kalau dari Koltim, bisa menggunakan jalur Unaaha-Motaha-Konsel-Baruga. Bisa juga lewat Sampara-Andepali-Pertigaan Bandara-Baruga. Atau lewat Bondoala-Naik Pincara-Abeli Sawa-Puuwatu, Kota Kendari.

Kondisi jembatan saat mulai diperbaiki.

Kasat Lantas Polres Konawe, Iptu Arifin membenarkan jalur Sampara sudah ditutup. Tidak ada kendaraan yang bisa lewat lagi. Rencananya, jalan tersebut akan ditutup selama sepuluh hari. Bisa kurang ataupun lebih, tergantung pekerjaan jalan sudah selesai atau belum. “Balai jalan sudah mulai memasang jembatan. Makanya, kendaraan tidak bisa lewat, baik roda dua, empat, maupun roda enam. Tapi, mereka bisa lewat Konawe Selatan (Konsel),” ungkap Iptu Arifin, Kamis (18/7).

Lanjut dia, pihaknya tidak bisa memastikan kapan pemasangan jembatan dijalan tersebut selesai dikerjakan. Estimasi waktu 10 hari, itu dalam kondisi normal. Bisa saja lebih atau kurang. “Kami koordinasi dengan pihak balai jalan. Mereka sudah mulai pasang rangka jembatan. Tapi untuk selesainya, bisa jadi hanya seminggu atau lebih,” jelasnya. Meski begitu, lanjut dia, masyarakat tak perlu risau. Sebab, ada jalan alternatif bisa digunakan. Misalnya, warga dari arah Kolaka menuju Kendari bisa lewat Puriala tembusan Konsel. Kemudian dari arah Unaaha ke Kendari bisa lewat di Andepali, setelah jembatan Pohara belok kanan, tembusannya di perempatan bandara.

Begitu pula sebaliknya, yang dari arah Kendari ke Unaaha atau Kolaka. “Kalau dari Kendari menuju Konawe Utara (Konut), juga bisa lewat Andepali. Yakni di perempatan bandara belok kanan, tembus di jembatan Pohara. Atau bisa naik pincara ke Bondoala, untuk motor dan mobil roda empat,” terangnya.

Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK) 2.2 Satker P2JN Sultra, Rudi Rachdian belum memberi komentar soal pengerjaan jembatan di jalur trans Sulawesi tersebut. Beberapa pengendara juga mengaku sudah tidak bisa melalui jalur tersebut. “Saya terlambat dapat info. Saat tiba di sana (jembatan Sampara) ternyata sudah ditutup,” kata Adi salah seorang pengendara dari Unaaha yang diaminkan rekannya. Namun, pria paruh baya asal Kendari mengaku tak mempersoalkan. Malah senang, karena jembatan sudah mulai diperbaiki. “Soalnya kalau hanya timbunan terus seperti sebelumnya, kami takut jangan sampai longsor lagi,” imbuhnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy