Panen Keluhan, Abu Hasan Benahi Jalan Rusak – Kendari Pos
Buton Utara

Panen Keluhan, Abu Hasan Benahi Jalan Rusak

KENDARIPOS.CO.ID — Masih banyak ruas jalan di Kabupaten Buton Utara (Butur) yang jauh dari kata memadai. Terang saja, kondisi itu tak mendukung mobilitas masyarakat dalam meningkatkan derajat kesejahteraannya. Keluhan warga kerap dialamatkan kepada pemerintah, baik kepada pemerintah kabupaten (Pemkab), jika ruas jalan itu masuk dalam domain kabupaten, maupun kepada pemerintah provinsi (Pemprov) jika status jalan berada di ranah provinsi.

Abu Hasan

Bupati Butur, Abu Hasan bukannya tidak peka dengan keluhan warganya. Dia tak menampik masih ada beberapa ruas jalan masih belum teraspal dan tidak memadai. Dia berjanji ruas jalan itu akan dibenahi tahun ini seperti jalur Labuan-Ereke. “Disisa kepemimpinan saya fokus menuntaskan pembangunan infrastruktur. Prioritas pembenahan jalan dan jembatan. Ini kerap yang dikeluhkan warga. Pelan tapi pasti kita akan tuntaskan,” ujar Abu Hasan.

Orang nomor satu di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara itu mengaku berhasil melakukan lobi kepada Pemprov slSultra agar dilakukan perbaikan jalan provinsi di Butur. “Ada lima ruas jalan provinsi dibenahi tahun ini,” kata mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya mengungkapkan pembenahan infrastruktur jalan yakni peningkatan ruas Waode Buri-Peteteaa, peningkatan ruas jalan Peteteaa-Pebaoa dan peningkatan jalan Lamoahi-Lakansai, Kecamatan Kulisusu Utara (Kulut).

Kemudian, pemeliharaan di ruas Labuan Kecamatan Wakorumba Utara-Torombia, Kulisusu Utara. “Paket pekerjaan tersebut sudah tuntas dilelang. Proyeksi anggaran untuk pembenahan jalan miliaran rupiah. Target rampung tahun ini,” ujarnya. Wawan Wardaya menambahkan aspal yang digunakan untuk ruas jalan tersebut Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA). “Kualitasnya bisa bertahan hingga lima tahun,” tandasnya. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top