OJK : Waspada Penipuan Berkedok Pemberi Pinjaman Online – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

OJK : Waspada Penipuan Berkedok Pemberi Pinjaman Online

KENDARIPOS.CO.ID — Penipuan berkedok pinjaman dana secara online, saat ini marak. Baru-baru ini, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menemukan dan mencabut izin 140 fintech peer to peer lending atau praktek memberikan pinjaman uang, tanpa izin. Kepala OJK Sultra, M. Fredly Nasution, mengungkapkan dari 140 entitas yang ditemukan pihaknya melalui Satgas Waspada Investasi OJK, tidak terdapat entitas yang berasal dari Sulawesi Tenggara (Sultra), “Kalau yang startup nya berkantor pusat di Sultra belum ada. Hanya pengguna fintech lending sudah ada,” ujarnya, Senin (15/7).

Suasana pelayanan aduan masyarakat di Kantor OJK Sultra.

Soal berapa jumlah pengguna fintech di Sultra, Fredly tidak tahu pasti berapa jumlahnya. Sebab proses pinjam-meminjam fintech peer to peer lending dilakukan melalui sistem elektronik. “Ada Satgas yang bertugas memantau perkembangan fintech. Sampai saat ini, belum ada laporan masyarakat yang dirugikan terkait fintech. Mungkin ada korban tapi masih enggan melaporkan ke OJK,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Sultra agar tidak terjebak dalam transaksi yang tidak terdaftar OJK tersebut. “Biasanya pelaku alias pemberi pinjaman memanfaatkan kekurangpahaman masyarakat, seperti iming-iming bunga rendah, proses cepat dan lain sebagainya. Pada investasi, juga biasanya pelaku menawarkan bagi hasil atau keuntungan yang tidak wajar,” kata Fredly. Ia menambahkan, sebelum bertransaksi, masyarakat sebaiknya memastikan pihak yang menawarkan pinjaman online tersebut memiliki perizinan atau terdaftar di OJK.

Yang paling simpel kata Fredly, konsumen harus memastikan terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah atau OJK dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Jika masyarakat menemukan tawaran pinjaman dana online yang mencurigakan, bisa mengkonsultasikan atau melaporkannya kepada kami,” tutupnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy