OJK Sultra Mudahkan Pengaduan Konsumen – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

OJK Sultra Mudahkan Pengaduan Konsumen

Terhitung sejak periode Januari hingga Juni 2019, kata Fredly, pihaknya mencatat setidaknya telah memberikan 228 layanan konsumen terdiri dari penerimaan informasi sebanyak 44 surat. Sisanya sebanyak 211 merupakan pemberian informasi, yaitu sebanyak tiga aktivitas pemberian informasi yang langsung terkait pengaduan, 140 layanan pengecekkan Sistem Informasi Layanan Keuangan (SLIK), dan 85 aktivitas konsultasi masyarakat secara walk in atau lisan terkait mekanisme pengaduan dan produk dan layanan jasa keuangan.

“Kemudian per 30 Juni 2019, total layanan konsumen terkait pengaduan produk dan jasa keuangan sebanyak 47 pengaduan dan telah selsai 100 persen. Berbagai masalah yang sering diadukan konsumen antara lain pelunasan kredit, keberatan lelang jaminan, pemblokiran dan mutasi rekening, hingga klaim asuransi,” ujarnya.

Namun bila dilihat dari jenis industry keuangannya, lanjut dia, sektor perbankan masih mendominasi persoalan di masyakarat. Di mana dari 44 surat aduan yang diterima OJK Sultra, 80 persen terkait produk dan layanan sektor perbankan sebanyak 32 pengaduan, dan 20 persen terkait industri nonbank yakni industri pembiayaan sebanyak lima aduan dan asuransi sebanyak tiga aduan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top