Museum Sultra Butuh Perhatian – Kendari Pos
Metro Kendari

Museum Sultra Butuh Perhatian

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Sultra kini tak begitu terawat. Padahal gedung itu menyimpan 5.342 koleksi peninggalan sejarah. Karena itu, Musem butuh perhatian dari pemerintah sehingga benda-benda warisan sejarah budaya tetap lestari. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Museum dan Taman Budaya Sultra, Dody Syahrul Syah mengatakan saat ini dengan koleksi yang cukup banyak, sebenarnya Sultra tidak kalah dengan museum-museum yang ada di luar. Sebab, dari beberapa koleksi yang menjadi andalan, ada beberapa yang sama sekali tidak dimiliki daerah lain. Namun, kurangnya publikasi serta perawatan kawasan museum menyebabkan area ini tampak kumuh.

Kepala UPTD Museum dan Dekan FIB saat memperlihatkan salah satu peninggalan sejarah di Museum.

“Keterbatasan anggaran serta sumber daya manusia (SDM) masih menjadi hambatan. Banyak yang beranggapan lembaga ini sebagai pembuangan. Padahal, kawasan ini hanya kurang anggaran perbaikan. Selain itu dengan koleksi yang sangat baik namun tanpa biaya publikasi, maka tidak akan dilirik. Padahal wisata sejarah dan budaya sangat perlu dilestarikan setiap daerah,”kata Dody saat ditemui di Museum Sultra (21/7).

Ditemui ditempat yang sama Kepala Seksi Museum, Yustinus Latuanda, mengatakan untuk memperkenalkan museum hingga kekanca internasional, perlu adanya publikasi yang kuat. Karena itu, adanya dorongan dari pemerintah daerah, sehingga pihak UPTD museum merasa lebih diperhatiakan. “Semoga tahun-tahun berikutnya SDM di museum lebih diberi pelatihan agar mampu memahami sistem perawatan, sebab benda seperti ini sistem perawatan. Jadi kami berharap agar Pemda bisa melihat bahwa bendap-benda yang ada di museum ini memang perlu dilestarikan,”imbuhnya.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Akhmad Marhadi juga merespon adanya pelestarian koleksi-koleksi sejarah yang ada di museum. Sebab, kondisi sekarang, Museum Sultra sudah seperti rumah tua tak berpenghuni. Karena itu, museum perlu ada sentuhan dari pemerintah untuk menata kawasan museum. Museum bukan hanya sebatas koleksinya, tapi keindahan penampakan dari luar perlu digenjot. Kekayaan budaya harus dikembangkan sehingga bisa membuat masyarakat tertarik, baik peneliti luar, peneliti Indonesia. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy