Politik

Minta Penetapan Hasil Dibatalkan, PHPU Pileg asal Sultra Dibacakan Maraton

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK)

KENDARIPOS.CO.ID — Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pendahuluan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) legislatif 2019. Kemarin (11/7), MK kembali memeriksa perkara dari sembilan provinsi, termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra). “Dari sembilan provinsi tersebut, ada 73 perkara PHPU legislatif yang akan disidangkan. Agendanya pemeriksaan pendahuluan,” kata Juru Bicara MK, Fajar Laksono di Jakarta, kemarin.

Berada di panel ketiga sidang asal Sultra dipimpin oleh I Dewa Gede Palguna dengan anggota Suhartoyo dan Wahiduddin Adams.
Dalam persidangan tersebut, perkara asal Sultra mulai dibacakan secara maraton pukul 14.00 WIB. Satu persatu permohonan pemohon dibacakan oleh pemohon dihadapan majelis hakim panel. Salah satu permohonan asal Bombana yang diajukan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dalam permohonannya, hampir seluruh pemohon meminta untuk membatalkan penetapan hasil Pileg KPU beberapa waktu lalu, termasuk kasus di Bombana. “Kami meminta hakim untuk membatalkan penetapan KPU,” kata Ali, kuasa hukum PKB. Alasannya, kata dia, ada perbedaan hasil perhitungan antara KPU dan pemohon.

Di mana dari perbedaan hasil perhitungan suara tersebut menghilangkan kursi PKB untuk daerah pemilihan Kabupaten Bombana. “Atas kekeliruan dan ketidaksamaan itu, kami kehilangan jatah kursi yang saat ini dimiliki PDI Perjuangan. Makanya, kami minta penetapan suara oleh KPU dibatalkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, proses persidangan pendahuluan akan berakhir Jumat (hari ini, red). Setelah itu, MK memberi kesempatan kepada pihak terkait, pihak termohon yaitu KPU RI dan Bawaslu untuk memberikan tanggapan. “Dilanjutkan menghadirkan saksi fakta dan saksi ahli dari masing-masing pihak sampai 30 Juli 2019,” terang Fajar Laksono.

Kemudian majelis hakim MK akan melakukan rapat pemusyawaratan hakim (RPH) untuk menentukan putusan. “Putusan akan dibacakan antara tanggal 6 sampai 9 Agustus 2019. Semoga tanggal 9 Agustus sudah kelar,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy