Minim Retribusi Hotel dan Restoran di Wakatobi – Kendari Pos
Wakatobi

Minim Retribusi Hotel dan Restoran di Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Wakatobi dengan potensi pariwisatanya kerap menjadi destinasi para pelancong. Hotel dan restoran bertumbuh di berbagai sudut Wakatobi. Tapi tidak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD). Retribusi hotel dan restoran masih minim menyumbang dalam pundi-pundi PAD. Selain sistem yang belum memadai adanya pungutan liar (pungli) dan penggelapan menjadi perhatian serius Pemda Wakatobi. Apalagi belum lama ini, KPK yang sempat menyambangi daerah yang dinakhodai Bupati Arhawi itu merekomendasikan perbaikan sistem retribusi hotel dan restoran.

Bupati Wakatobi, Arhawi (kanan)

Bupati Wakatobi, Arhawi mengatakan hal ini menjadi catatan penting untuk Wakatobi ke depannya. Kontribusi dari hotel dan restoran di Wakatobi diakui hingga kini belum maksimal. Sehingga tak boleh dipandang sebelah mata. “Infrastruktur yang berpotensi menjadi sumber PAD Wakatobi harus segera dibenahi. Seperti hotel dan restoran harus disiapkan sistem yang terukur sehingga tidak ada pungutan liar dan penggelapan,” ungkap Arhawi, kemarin.

Ketua KONI Wakatobi ini menambahkan hal itu penting direalisasikan agar target PAD dari hotel dan restoran bisa maksimal setiap tahun. “Karena selama ini sistem itu belum maksimal. Makanya ini juga menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) Pemda Wakatobi agar segera membenahi hal ini,” tambahnya. Arhawi menegaskan agar seluruh aparatur bisa bekerja maksimal. Apalagi banyak potensi di daerah yang bisa digali dan dikembangkan sehingga bisa menjadi sumber potensial PAD. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top