Meretas Krisis Air Bersih, DPU Butur Bangun SPAM – Kendari Pos
Buton Utara

Meretas Krisis Air Bersih, DPU Butur Bangun SPAM

KENDARIPOS.CO.ID — Krisis air bersih dialami sebagian masyarakat Buton Utara. Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Buton Utara (Butur) untuk meretas krisis air bersih. Duit miliaran rupiah dikucurkan untuk lima paket kegiatan pemenuhan kebutuhan air bersih di lima desa di Bumi Lipu Tinadeakono Sara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur,
Wawan Wadaya mengungkapkan pembangunan sarana air masuk dalam program memanfaatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK). Nantinya, air bersih akan mengalir rumah-rumah warga. “Ada sambungan saluran ke rumah dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi 2.360 jiwa di lima desa tersebut,” ujarnya, Kamis (25/7).

Mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Pemkab Butur itu memastikan proyek penyediaan sarana air bersih itu merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur publik khususnya air minum. Selain itu, untuk mempercepat pelaksanaan proyek infrastruktur strategis nasional.

Menurut Wawan Wardaya, pengembangan SPAM serta prasarana dan sarana sanitasi yang diselenggarakan berdasarkan asas kelestarian, keseimbangan, kemanfaatan umum untuk memenuhi kebutuhan pokok akan air bersih. “Jika proyek ini sudah jadi, maka secara otomatis air bersih akan disalurkan ke rumah-rumah warga,” tutup Wawan Wardaya. (had/b)

Miliaran Rupiah Mengalir di Air Bersih

-Pemkab Butur bangun lima SPAM
-Item kegiatannya pengembangan jaringan perpipaan SPAM
-Di Desa Bonelipu disediakan anggaran Rp500 juta
-Di Desa Kadacua sekira Rp450 juta
-Di Desa Karya Mulia sebanyak Rp500 juta
-Di Desa Soloy Agung sekira Rp464 juta
-Di Desa Laborona Rp1,1 miliar
-Total sekira Rp3 miliar
Sumber : Dinas PU dan Penataan Ruang Pemkab Butur

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top