Mendagri Dukung E-Voting dan Rekap-El – Kendari Pos
Nasional

Mendagri Dukung E-Voting dan Rekap-El

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (ketiga dari kanan) ketika menghadiri rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. Salah satu yang dibicarakan terkait wacana penerapan sistem pemungutan suara elektronik dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menilai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu menerapkan sistem pemungutan suara elektronik atau e-voting untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Penggunaan teknologi dalam Pemilu yang juga perlu dilakukan, yakni rekapitulasi penghitungan suara (rekap-el) hingga rekrutmen anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan pengawas Pemilu.

“Sistem e-voting atau rekap-el perlu pemikiran KPU untuk dicoba diterapkan, serta hal teknis seperti rekrutmen anggota KPPS dan pengawas Pemilu yang menjadi kewenangan partai politik,” kata Tjahjo, kemarin. Ia mengatakan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, baik Pilkades, Pilkada, Pileg dan Pilpres, telah menunjukkan keberhasilan yang ditandai dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara. Pemerintah dan pembuat kebijakan juga telah berperan dalam menyusun dan mewujudkan undang-undang Pemilu yang komprehensif, guna mendukung proses demokrasi melalui pemilihan langsung.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy