Mencoblos 2 Kali, Dua Warga Kolut Divonis Penjara : Pria 15 Bulan, Wanita 10 Bulan – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Mencoblos 2 Kali, Dua Warga Kolut Divonis Penjara : Pria 15 Bulan, Wanita 10 Bulan

KENDARIPOS.CO.ID — Dua warga Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dihukum penjara atas dugaan tindak pidana kecurangan pemilu 2019. Mereka, Syaharuddin bin Abd. Latif (49) warga Desa Patowonua dan Nurlinda Binti Dg. Lawa (42), warga Kelurahan Watuliu. Pengadilan Negeri (PN) Lasusua memvonis Syaharuddin dengan hukuman penjara selama 15 bulan plus denda Rp 18 juta. Sedangkan Nurlinda dihukum sepuluh bulan penjara plus Rp 18 juta. Sementara itu dua terdakwa lain yang berasal dari desa berbeda dinyatakan bebas. Putusan tersebut tertuang dengan nomor 44/Pid.Sus/2019/PN Lss.

Koordinator Gakumdu, Zainul muluk, SS mengungkapkan Syahruddin terbukti secara sah dan bersalah dengan sengaja melakukan tindak pidana setelah mengaku sebagai orang lain dan memberikan suara lebih dari satu kali di Tempat Pemungutan Suara (TPS) enam dan tujuh di Desa Patowonua. Nurlinda juga melakukan tindakan serupa di TPS tiga dan enam Kelurahan Lasusua. “Syaharuddin delapan alat bukti dan Nurlinda sembilan bukti,” bebernya, Senin (1/7/2019).

Lebih lanjut, pria yang menjabat Anggota Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu tersebut mengatakan putusan Syaharuddin dijatuhi pidana penjara satu tahun tiga bulan. Selain itu, dibebankan membayar denda senilai Rp 18 juta. Jika tidak ditunaikan, maka diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan.

Nurlinda divonis sepuluh bulan penjara plus denda Rp 18 juta. Jika tidak dibayar, maka diganti dengan tambahan satu bulan kurungan penjara. Putusan Nurlinda dibacakan Ketua Majelis Hakim PN Lasusua, Budi Prayitno. Sedangkan putusan Syahruddin dobacakan oleh Hakim Nugroho Prasetyo Hendro. “Dua terdakwa lainnya yang sebelumnya diduga berbuat kecurangan di TPS 4 Watumotaha dan TPS 9 minim bukti dan tidak ada yang mau bersaksi. Sehingga dinyatakan bebas,” pungkasnya. (rus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy