Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UHO Kunjungi Situs Sejarah Kerajaan Konawe – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UHO Kunjungi Situs Sejarah Kerajaan Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo (FIB-UHO) melakukan kuliah lapangan di Kabupaten Konawe, Selasa – Rabu (15-16/7). Mereka melihat langsung situs sejarah peninggalan kerajaan Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rombongan mahasiswa itu di lepas oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya, Dr. La Ino M. Hum. Dalam arahan singkatnya, wakil dekan menghimbau mahasiswa untuk memanfaatkan setiap waktu sebagai ajang mencari ilmu bukan ‘jalan-jalan’. “Silahkan belajar, melihat bagaimana situs-situs peninggalan sejarah di sana, jangan hanya seolah-olah pergi jalan-jalan saja,” katanya. “Ini merupakan momen tepat untuk menambah ilmu seluruh mahasiswa,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Arkeologi, Dr. Syahrun mengatakan, mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan itu adalah mahasiswa semester awal. Mereka sengaja diajak ke kelurahan Meluhu Kabupaten Konawe untuk melihat dari dekat bukti peninggalan kerajaan Konawe. Di sana kata dia, ada Baruga Kerajaan dan makam raja. “Kita memperkernalkan arkeologis itu apa, supaya mereka lebih mudah menerima pelajaran dalam bentuk teori, ” kata Syahrun.

Alumnus Universitas Udayana Bali ini menambahkan kegiatan yang diikuti 49 mahasiswa ini juga sekaligus menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat terkait keberadaan jurusan Arkeologi di kampus hijau. “Arkeologi baru 2 angkatan alumninya, kita masih perlu sosialisasi terus agar masyarakat tahu bahwa ada jurusan arkeologi di UHO itu,” tambahnya.

Menurut dia, dengan adanya Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan maka membuka ruang besar bagi mahasiswa ilmu budaya untuk terus mengembangkan kreatifitas dibidang kebudayaan. “Arkeologi itu punya potensi, mahasiswa tidak perlu jauh-jauh melakukan penelitian, di Sultra ini banyak sekali situs sejarah yang bisa diangkat,” tutupnya. (lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy