Mahar Politik Solusi Pendanaan Partai, Pakar : Beberapa Parpol Sudah Tinggalkan Praktik Itu – Kendari Pos
Politik

Mahar Politik Solusi Pendanaan Partai, Pakar : Beberapa Parpol Sudah Tinggalkan Praktik Itu

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 rencananya akan dimulai September 2019 nanti. Dalam setiap kontestasi Pilkada, praktik mahar politik tak lepas dari sorotan. Meski sejumlah pimpinan partai memastikan tidak menggunakan cara tersebut, ada saja pihak-pihak yang meragukan kebenarannya. “Demokrat tidak mengenal mahar politik. Menurut ketentuan undang-undang itu (mahar politik) kan dilarang. Berbeda halnya dengan biaya operasional yang memang dibutuhkan dalam kontestasi politik,” ujar Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muh. Endang, saat dihubungi, Rabu (3/7).

Menurutnya, setiap partai politik (Parpol) pengusung berkewajiban untuk memenangkan kandidat yang dipilih. Salah satu unsur penting dalam mendukung upaya tersebut, kata dia, yakni kemampuan logistik. Ia mengaku, Partai Demokrat akan mempertimbangan sosok yang memiliki kemampuan logistik dalam penjaringan calon nanti. Sebab biaya saksi, kampanye, alat peraga kampanye (APK) selain yang difasilitasi oleh penyelenggara Pemilu, dan penunjang lainnya tidaklah sedikit. “Semua butuh finansial. Namun, saya tekankan untuk memperolehnya tentu mesti dengan cara-cara yang halal dan benar menurut undang-undang. Bukan mahar dalam artian jual beli kursi itu. Silahkan tanya kepala daerah terpilih pada Pilkada lalu yang diusung Demokrat apakah dimintai mahar politik atau tidak,” argumennya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy