MA Terima Permohonan Kasasi Prabowo-Sandi, Tinggal Tunggu Jadwal Sidang : Kubu TKN Santai – Laman 4 – Kendari Pos
Nasional

MA Terima Permohonan Kasasi Prabowo-Sandi, Tinggal Tunggu Jadwal Sidang : Kubu TKN Santai

Putusan MK Final dan Mengikat

Terpisah, kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf, Yusril Ihza Mahendra, optimistis MA menolak kasasi kedua Prabowo-Sandiaga soal Pemilu TSM. Menurutnya, Jokowi-Ma’ruf sangat berkepentingan. Namun, sampai saat ini pihaknya belum dimintai tanggapan oleh MA. Yusril menilai ada kesalahan berpikir dalam menerapkan hukum acara yang dilakukan oleh kuasa hukum Prabowo dan Sandiaga. “Sangat aneh kalau tiba-tiba pemohonnya diganti dengan Prabowo dan Sandiaga Uno tetapi langsung mengajukan kasasi. Sementara keduanya tidak pernah berperkara,” tegas Yusril.

Dia yakin MA akan menyatakan N.O sekali lagi atau menolak permohonan ini seluruhnya. Menurut Yusril, pengajuan kasasi kedua ini tidak relevan. Dia menilai perkara ini menjadi semacam ‘ne bis in idem’ atau mengadili kasus yang sama dengan termohon yang sama dua kali. Terlebih, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menolak permohonan Prabowo-Sandiaga untuk seluruhnya.

“Ingat bahwa putusan MK bersifat final dan mengikat. Dengan diputuskannya perkara oleh MK, maka Bawaslu dan Mahkamah Agung harus dianggap tidak berwenang lagi menangani perkara yang sama. Seharusnya semua pihak menghormati putusan MK dan tidak melakukan upaya hukum lain lagi,” paparnya. (khf)

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top