Lahan Siap di Nangananga, Pembangunan Embarkasi Haji Butuh Rp 220 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Lahan Siap di Nangananga, Pembangunan Embarkasi Haji Butuh Rp 220 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Lahan untuk membangun Embarkasi Haji di Kendari telah disiapkan di Jalan 40 Nangananga, Kendari. Pembangunan proyek itu membutuhkan anggaran Rp 220 miliar dan proses lelang akan dilakukan Oktober mendatang. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sultra H. Abdul Kadir mengatakan pembanguanan Embarkasi Haji akan dilakukan dengan multiyears dan akan menghabiskan anggaran Rp 220 miliar. Proyek ini akan dikerja secara bertahap selama kurang lebih tiga tahun. Untuk proses lelang Oktober hingga November.

“Regulasi memungkinkan kami mengambil langkah untuk lelang Oktober. Estimasi anggaran dalam rancangan pengembangan, idealnya dibutuhkan sekitar Rp 220 miliar. Tapi untuk tahapan awal ini anggaran yang disediakan Rp 37 miliar,” jelasnya saat melepas jemaah calon haji di Asrama Haji, Senin (22/7/2019).

Katanya, tahap awal akan dibangun aula yang lebih representatif dibanding yang ada saat ini di Asrama Haji. Selain itu, dibangun gedung-gedung dengan bangunan sekitar 60 kamar. “Jadi dana tahap awal hanya mapu membangun sekitar 60 kamar. Jadi kelayakan yang kita bangun pertama ini adalah infrastruktur. Sebab, kalau melihat kondisi Asrama Haji cocoknya sebgai barak,” bebernya.

Ia mengatakan tahapan awal untuk penggunaan embarkasih yaitu embarkasi antara yang akan dipergunakan mulai tahun depan. Namun realisasinya juga sangat tergantung kesiapan Pemda. “Sekarang kita harus sama-sama kerja keras sehingga dapat diwujudkan. Jadi sebelum menuju embarkasih, harus ada embarkasih antara. Hanya bedanya, kalau embarkasih antara tidak disyaratkan jumlah 3 ribu JCH, sehingga untuk jemaah kita sudah sangat memungkinkan. Jadi untuk embarkasih antara, pemberangkatan tetap dari Kendari, singgah sesaat di Makassar dan langsung ke tanah suci,”terangnya.

Sementara itu Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta dukungan dan doa seluruh masyarakat dalam mewujudkan Embarkasih Haji. Tahun 2020, akan mulai dibangun. Semoga bisa secepatnya selesai, sehingga pemberangkatan jemaah haji tidak perlu melalui Makassar. Suami Agista Ariyani mengatakan dengan adanya embarkasih di Kendari, maka tidak perlu menunggu 15 sampai 20 tahun untuk menunaikan ibadah haji. Waktunya akan semakin cepat dan kuota juga akan semakin ditambahah. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy