Lahan Revitalisasi Kakao Bertambah Seribu Hektare di Koltim – Kendari Pos
Aneka

Lahan Revitalisasi Kakao Bertambah Seribu Hektare di Koltim

KENDARIPOS.CO.ID — Hasrat Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah mengembalikan kejayaan tanaman kakao di otoritanya tak pernah surut. Tahun 2018 lalu, Tony Herbiansyah berhasil meyakinkan pemerintah pusat sehingga Koltim dipercaya menjadi pilot project nasional tanaman kakao.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah

Substansi pilot project itu sebagai langkah konkrit untuk memulihkan kembali tanaman kakao yang sudah tidak produktif lagi demi merengkuh kejayaan kakao di Koltim. Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengatakan kakao di wilayahnya harus direvitalisasi karena banyak yang cukup tua. Produktivitasnya tentu berkurang. Olehnya itu, kehadiran pilot project kakao yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Tahun 2018 lokasi pilot project sudah ditanami kakao sekira 550 hektare. Tahun ini kita tambahkan lagi seribu hektare. Pilot project ini sudah dikembangkan tiga kecamatan yakni Kecamatan Aere, Dangia, dan Kecamatan Lambandia,” ujar Tony Herbiansyah pada Kendari Pos.

Ketua DPW NasDem Sultra ini berharap agar kesempatan emas itu jangan disia-siakan. Dia meminta Dinas Hortikultura sebagai dinas teknis harus memanfaatkan program nasional ini secara maksimal. Begitu pula masyarakat yang dibentuk dalam sebuah kelompok tani yakni Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM).

“Saya minta petani memaksimalkan lahan untuk pengembangan kakao dan kami di Pemkab Koltim bertekad menyukseskan program ini,” tegas Tony Herbiansyah. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy