KPU Buteng Tunggu Putusan DKPP dan MK – Kendari Pos
Politik

KPU Buteng Tunggu Putusan DKPP dan MK

La Ode Abdul Jinani

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Tengah (Buteng) belum menetapkan 25 kursi calon anggota legislatif (Caleg) terpilih untuk duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Pihak penyelenggara Pemilu tersebut masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) karena ada beberapa perkara yang dalam tahap pembahasan. Informasi tersebut disampaikan Komisioner KPU Buteng, La Ode Abdul Jinani, Rabu (17/7).

Ia menjelaskan, belum terjadwalnya penyusunan kursi DPRD Buteng karena beberapa faktor. Salah satunya masih adanya perkara yang dibahas di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Termasuk adanya satu gugatan dari partai yang telah mengajukan keberatan di MK. “KPU sendiri masih menghadapi perkara di DKPP dan itu belum ada putusan,” ulangnya, menegaskan.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Buteng tersebut, menjelaskan, setelah perkara gugatan di DKPP selesai, pihak KPU kembali menghadapi gugatan di MK, terkait keberatan PKB. “Untuk sidang di MK terkait pengaduan dari Parpol, sudah kami terima. Untuk perkaranya sendiri terkait keberatan soal adanya wajib pilih ber-KTP Kalimantan, tapi memilih di TPS 01 Lakorua (Mawasangka Tengah),” beber Jinani.

Laporan tersebut terjadi karena salah satu Caleg dari PKB atau pemohon, ingin dilakukan pemilihan suara ulang (PSU) namun KPU tidak melaksanakannya karena beberapa alasan. “Untuk itu pihak KPU sendiri sudah menyiapkan jawaban dan alat bukti dalam membantah semua tuduhan pengadu atau pemohon. Jadi untuk waktu pleno penetapan Caleg terpilih, kami masih belum pastikan. Yang jelas kami masih tunggu putusan MK,” tandas Jinani. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy