Kiat Polres Konsel Implementasikan Polisi Promoter – Kendari Pos
Konawe Selatan

Kiat Polres Konsel Implementasikan Polisi Promoter

Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adrianto, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan muspida saat mengecek kesiapan personil pengamanan Pemilu 2019.

Upaya Kepolisian Resort (Polres) Konawe Selatan (Konsel) mengimplementasikan anggota Polri yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter) patut diapresiasi. Sebagai pengayom masyarakat, institusi dibawah komando AKBP Dedy Adrianto tak henti melakukan terobosan. Tidak hanya dalam meningkatkan pelayanan dan menjaga kondusifitas daerah, namun juga dalam merespon musibah atau konflik yang terjadi di tengah masyarakat.

Untuk memastikan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Polres Konsel menerapkan “Community Policing” atau pemolisian masyarakat sebagai usaha kolaboratif antara polisi dan komunitas yang mengidentifikasi permasalahan ddengan melibatkan semua elemen masyarakat. Guna mendorong program ini, kepolisian intens melakukan pembinaan masyarakat namun juga di internalnya.

Kepala Polres Konsel, AKBP Dedy Adrianto mengatakan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan untuk ciptakan Harkantibmas. Secara internal, pihaknya gemar melakukan pembinaan terhadap aparatnya terutama peningkatan kapasitas dan kemampuan anggotanya. Di eksternal, pihaknya gencar melakukan kunjungan ke masyarakat menemui tokoh agama dan masyarakat. Sembari menggandeng elemen masyarakat dalam “Community Policing”.

“Setiap minggu, kita berikan materi terkait bidang dan tugas untuk peningkatan kapasitas anggota. Tidak hanya itu, kami juga mengirim anggota untuk mengikuti pelatihan Sekolah Polisi Negara (SPN). Upaya ini tak lain guna meningkatkan SDM aparatnya. Di sisi lain, kami mendorong Babinkamtibmas di lapangan menciptakan Community Policing,” kata polisi dengan dua bunga dipundak ini.

Babinkantibmas kata pria ramah ini, menjadi motor penggerak. Setiap masalah yang timbul tidak langsung ke ranah hukum. Terlebih dahulu dilakukan problem solving dengan mempertemukan kedua belah pihak untuk dimusyawarahkan.

“Kalau dibawa ke ranah hukum maka yang menang jadi arang, kalah jadi abu. Olehnya, kita lebih pada musyarawah. Karena itu bisa melahirkan win solusi damai. Dengan pendekatan ini, kami berharap Polri kian dekat dengan masyarakat. Timbal baliknya, masyarakat akan mendukung tugas dan fungsi polri ke depannya,” jelasnya.

Guna mewujudkan Kamtibmas lanjut pria asal Palembang ini, pihaknya intens melakukan kegiatan patroli Strong Point. Setiap malam, Polri mengerahkan satuan Sabara dan Satlantas Polres Konsel memantau wilayah yang dianggap rawan.

“Jadi kita lakukan pengaturan lalulintas (Gatur Lalin) mulai dari Polsek hingga Polres. Utamannya di tempat keramaian seperti pasar, serta tempat umum lainnya. Kita juga ada giat blue light itu dilakukan malam hari guna monitoring situasi keamanan di masyarakat,” imbuhnya.

Di sisi lain, Polres Konsel gencar melakukan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan atau K2YD. Kegiatan ini dalam bentuk razia kendaraan dan tempat hiburan guna mengurangi angka kriminalitas. Sasarannya, penggunaan narkoba, miras dan senjata tajam (sajam). Apalagi kasus perkelahian dan penganiayaan di Konsel berawal dari kebiasaan pesta miras yang tidak terkontrol. Namun secara umum tingkat keamanan terbilang cukup kondusif.

“Biasanya kalau sudah acara lulo atau pesta. Di situ mulai ada keributan, Jadi pengaruh miras. Namun tidak terlalu signifikan. Termasuk pencurian, dalam sebulan paling satu kali. Semua itu dapat teratasi adanya kerjasama oleh anggota Babinkamtibmas dan dukungan masyarakat dalam menerapkan Communitiy policing itu,” tandasnya. (b/kam)

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy