Kementerian PUPR Bangun Embung di Desa Waara Muna – Kendari Pos
Muna

Kementerian PUPR Bangun Embung di Desa Waara Muna

Camat Lohia, LM. Hajar Sosi

KENDARIPOS.CO.ID — Desa Waara Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna mendapat bantuan pembangunan embung desa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran yang disediakan sekira Rp6 miliar lebih. Diproyeksikan, embung itu akan menjadi sumber air baru untuk mendukung pengembangan kawasan pertanian masyarakat.

Camat Lohia, LM. Hajar Sosi menerangkan pembangunan embung seluas dua hektare. Kementerian PUPR menilai kontur lahan yang berbentuk cekungan lembah sangat tepat untuk membendung aliran air hujan. “Saat tim melakukan survei, lahan di Waara dinilai yang terbaik karena curam dan alirannya juga deras,” kata Hajar Sosi, Senin (29/7).

Embung tersebut akan dibangun bertahap. Kementerian PUPR baru mengalokasikan dana untuk pembuatan tanggul raksasa sebagai penampung air hujan dan bangunan pemantau embung. Tahap berikutnya ialah pembuatan kantor dan areal taman. Embung itu pada perencanaannya akan menjadi lokasi wisata air. “Itu pasti akan dituntaskan. Sekarang Rp6 miliar dulu. Untuk taman nanti tahun depan lagi,” ungkap LM. Hajar Sosi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top