Keluarga : Aditya Sosok Berhati Baik, Hukum Mati Pelakunya – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Keluarga : Aditya Sosok Berhati Baik, Hukum Mati Pelakunya

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja tim Buser 77 Polres Kendari berhasil mengungkap pelaku pembunuhan terhadap Abu Saila alias Aditya (55). Terduga pelaku bernama Achfi Suhasim (26) adalah teman dekat Aditya yang setahun terakhir cukup akrab dengan korban. Ibu kandung Abu Saila, Hj. Siti Rae berharap agar pelaku bisa dihukum seberat-beratnya. Ia tak pernah menyangka anaknya diperlakukan sekeji itu.

“Kenapa kasihan dia bunuh anakku. Apa salahnya. Baiknya kasian itu anakku. Pokoknya pelakunya harus juga dihukum seberat-beratnya,” ungkapnya sambil memeluk jasad anaknya di rumah duka, Ambeipua Kecamatan Ranomeeto, Minggu (21/7). Ibu korban bersama keluarga lainnya terlihat menangis histeris sambil berteriak dengan menggunakan bahasa daerah meminta agar pelaku juga diberi sanksi hukuman mati.

Sepupu korban, Eny mengungkapkan sosok korban adalah orang yang berhati baik. Ia selalu ramah kepada setiap orang. Ia kaget saat mendengar kabar bila Aditya tewas dibunuh. Sebab menurutnya Aditia tak akan mungkin bersikap kasar kepada orang lain. “Bukan hanya sepupu, saya tetangga dekat di BTN Beringin (Kelurahan Lepolepo, Kota Kendari). Saya kenal sangat dekat dengan almarhum. Dia orangnya baik sekali, tidak pernah menyakiti orang lain. Saya tidak sangka kalau ada yang mau sakiti Almarhum. Kami minta pelaku dihukum seberat-beratnya,” ungkap Eny.

Eny mengaku, keluarga korban berharap agar netizen bijak menyikapi issu soal kronologi kejadian yang tersebar di media sosial. Pihak keluarga, kata dia, menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut ke kepolisian untuk mengungkap motif dan kronologi kejadian. “Terlalu ngarang-ngarang itu kronologi yang tersebar di media sosial soal pelecehan itu. Kami mohon agar masyarakat tidak percaya dengan itu semua. Kita serahkan saja ke kepolisian untuk mengungkap persoalan tersebut,” pintanya.

Tim Buser 77 menangkap Achfi Suhasim di dalam sebuah indekos, Jalan Abunawas, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Minggu (21/7) sekira pukul 16.00 Wita. Achfi lalu digelanggang ke Polres Kendari untuk pemeriksaan lanjutan. Kepada polisi, pelaku mengaklaim melakukan aksi pembunuhan karena dilecehkan. Namun polisi masih mendalami kasus itu untuk mengungkap motif sebenarnya dibalik kasus pembunuhan itu.

Awalnya, Aditia meninggalkan rumah untuk membayar iuran langganan indihome melalui mesin ATM. Sebelum meninggalkan rumah, Aditia terdengar menelepon seseorang. Setelah sekitar dua jam meninggalkan rumah, handphone Aditia tak aktif saat dihubungi. Keluarganya cemas dan melakukan pencarian hingga dini hari. Lalu, keluarga melaporkan hal tersebut kepada polisi. Sekira pukul 07.00 Wita Minggu (21/7), Aditya, ditemukan warga dalam kondisi terbujur kaku dan tak bernyawa di dalam got, Jalan Syekh Yusuf Kecamatan Mandonga Kota Kendari.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi mengungkapkan motif Achfi melakukan pembunuhan karena dendam merasa dilecehkan. Pelaku mengaku kata dia menghabisi korban di sekitaran Jalan Syekh Yusuf tak jauh dari lokasi ditemukannya korban.

Setelah menghabisi nyawa korban, pelaku lalu melarikan diri dan membawa mobil korban ke Benubenua Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. Pelaku juga, sempat membuang pisau yang digunakan untuk menghabisi korban. Sementara itu, Kasubbid Dokpol Kompol Dr dr Mauluddin, mengatakan, berdasarkan visum luar, korban meninggal akibat tusukan bagian perut. Korban meninggal kurang lebih 12 jam, sebelum ditemukannya di Jalan Syekh Yusuf Kota Kendari. “Korban meninggal karena tusukan bagian perut. Ada belasan tusukan di tubuhnya, mulai dari perut, leher dan juga tangan,”katanya. Untuk diketahui, jenazah korban sudah diambil pihak keluarganya di rumah duka di Desa Ambaipua, Kecamatan Ronomeeto, Kabupaten Konawe Selatan. (ade/dan/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy