Kasus Tambang di Konut : Penyidik Segera Panggil Direktur PT Bosowa Mining – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kasus Tambang di Konut : Penyidik Segera Panggil Direktur PT Bosowa Mining

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus PT. Bosowa Mining yang diduga melakukan pelanggaran lingkungan, menambang dalam kawasan hutan masih terus berlanjut. Malah, Penyidik Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra menaikkan statusnya ke penyidikan. Hal itu setelah penyidik menemukan dua alat bukti serta hasil pemeriksaan sejumlah saksi.

Ilustrasi Tambang

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan kabar tersebut. Kata dia, penyidik telah menaikan statusnya ke penyidikan. Meski begitu, belum ada tersangka. Sebab, penyidik masih membutuhkan beberapa keterangan tambahan. Misalnya, dari ahli pertambangan dan juga saksi dari PT Bosowa Mining. “Dalam waktu dekat, Direktur PT Bosowa Mining juga akan dipanggil. Ini untuk pemeriksaan lanjutan,” ungkap Dolfi.

Dia menambahkan, Tim Subdit IV Tipiter telah meninjau lokasi IUP PT Bosowa Mining. Perusahaan yang mengolah nikel ini berada di Desa Lameuru, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara. Lokasi ini dianggap menyerempet kawasan hutan dan melakukan aktivitas di kawasan hutan. “Saat ini penyidik terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi dari PT Bosowa Mining. Kalau pemeriksaan saksi tuntas, baru penyidik menentukan tersangka,” jelasnya.

Untuk diketahui, PT Bosowa Mining beroperasi di Desa Lameuru, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara. Perusahaan tambang merupakan satu dari 22 perusahaan yang pernah terancam dicabut izinnya. Karena selama beroperasi, diduga tidak melakukan rencana kegiatan dan anggaran biaya (RKAB), serta tidak memiliki Kepala Teknik Tambang. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy