Jembatan Muna-Buton Mulai Digarap – Kendari Pos
Muna

Jembatan Muna-Buton Mulai Digarap

KENDARIPOS.CO.ID — Aspirasi masyarakat Kabupaten Muna dan Buton agar memiliki jembatan penghubung mulai mendapat lampu hijau. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara segera mengerjakan uji kelayakan proyek tersebut. Pj. Sekprov Sultra, La Ode Mustari memaparkan sinyal lampu hijau itu saat berunjung di Kabupaten Muna, akhir pekan lalu. Ia menuturkan uji kelayakan atau feasibility study (FS) dilakukan untuk mengukur dampak kehadiran jembatan di berbagai sektor. Mulai dari sektor perekonomian, lingkungan dan juga kajian teknis lainnya. “Tahun ini ada kegiatan FS dulu untuk jembatan,” ungkap La Ode Mustari.

La Ode Mustari

Kegiatan uji kelayakan tersebut akan didanai dari APBD Sultra 2019 senilai Rp300 juta. Dokumen hasil uji kelayakan akan menjadi dasar ilmiah pembuatan perencanaan konstruksi jembatan atau detail engineering design (DED). Pemprov kata dia, hanya akan menanggung item kegiatan tersebut. “APBD Sultra hanya sampai perencanaan dan DED itu. Selanjutnya nanti akan di anggaran pusat,” sambungnya.

Jembatan tersebut rencananya akan didirikan di kawasan pesisir Waara (Wamengkoli) di pulau Muna dan pesisir Buton terdekat. Konstruksi raksasa sepanjang 700 meter itu akan diberi nama Jembatan Tona (Buton-Muna). “Proyeksi dana pasti triliunan rupiah. Makanya usulan ini sudah masuk prioritas Kementerian PUPR,” pungkas La Ode Mustari. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy