Jalur Rusak, Berdebu dan Berlubang, Derita Warga di Jalan Poros Wapunto-Waara – Kendari Pos
Muna

Jalur Rusak, Berdebu dan Berlubang, Derita Warga di Jalan Poros Wapunto-Waara

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Muna terutama yang bermukim di Kecamatan Duruka, Lohia dan Kontunaga pasti paham betul kondisi jalan poros Sutan Syahrir. Kerusakan jalan tersebut sudah berulang kali dikeluhkan warga. Bahkan pohon pisang pernah ditanam di tengah jalan sebagai wujud protes warga. Kerusakan juga terjadi di jalan poros Wapunto-Waara, yang masih satu jalur dengan Sutan Syahrir. Kondisi paling parah terjadi di Desa Lasunapa dan Desa Banggai Kecamatan Duruka. Akibatnya, debu mengganggu kenyamanan warga dan pengendara. Demikian pula di musim penghujan, genangan air bahkan mengkhawatirkan pengendara yang melintas.

Kondisi ruas jalan Wapunto-Waara di Kabupaten Muna. Ruas jalan itu butuh sentuhan peningkatan jalan untuk melancarkan akses masyarakat.

“Ada banyak lubang jalan menganga. Ini sudah membahayakan jika tidak segera di benahi,” kata Agus, sopir mikrolet rute Raha-Lohia, beberapa waktu lalu. Pembenahan jalur itu sebenarnya pernah dilakukan 2017 lalu. Tidak adanya dukungan drainase yang memadai, jalan itu hanya berumur jagung. Kondisinya kini lebih parah. Warga pun meminta Pemkab Muna bergerak cepat meningkatkan kualitas jalan. “Ini rawan kecelakaan kalau tidak diperbaiki,” masih kata Agus.

Keluhan itu bukan tidak diketahui Pemkab Muna. Kualitas jalan tersebut diakui jauh dibawah standar. Perbaikan sudah dilakukan, hanya saja baru separuh dari jalur tersebut. Pemkab akan membenahi sekaligus pelebaran dimensi dari enam meter menjadi 12 meter.”Itu kurang lebih 5 kilometer. Tahun lalu sudah dianggarkan Rp11 miliar, tapi baru 2,1 kilometer yang bisa dikerjakan termasuk drainase,” kata Edi Uga, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Muna kepada Kendari Pos.

Pembenahan jalan Sutan Syahrir dan poros Wapunto-Waara tersebut sudah dianggarkan dalam pagu yang sama. Pekerjaan itu sudah melewati tahap lelang dan pekerjaan fisik akan dimulai dalam waktu dekat. “Kalau tidak salah dianggarkan sekira Rp6 miliar,” pungkas Edi Uga. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy