Metro Kendari

Jalin Sinergi, Akademisi Unhas Kunjungi Kendari Pos : ASN Belum Manfaatkan Beasiswa S2 Kominfo

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (dua dari kiri) didampingi Wadir Agus Tranhadi (kiri) saat menerima kunjungan akademisi Unhas di Lantai II Graha Pena Kendari Pos, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Departemen (Kadep) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr. M. Iqbal Sultan berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, Jumat pagi (12/7). Bersamanya, ada Ketua Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Fisip Unhas, Dr. Muhammad Farid, serta sejumlah dosen Komunikasi Fisip Unhas lainnya. Mereka disambut langsung Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran manajemen.

Dr. Iqbal Sultan mengaku, kunjungan ini sebagai sarana menjalin silaturahmi serta membangun sinergi. Sebab, dalam dunia pendidikan, membangun sinergi dengan media sangat penting. “Media dan dunia pendidikan tak bisa dipisahkan,” ujar Iqbal. Dia menambahkan, dalam era menuju industri 4.0, media harus lebih proaktif memberitakan hal-hal yang jauh dari hoaks. “Sebagai media profesional, harus menjadi peneduh dalam pemberitaan. Jangan malah menjadi bumerang,” ungkapnya.

Tak hanya soal media, Iqbal juga menjelaskan tentang keberadaan beasiswa Kominfo. Program ini sudah lima tahun berjalan. Dikhususkan untuk aparatur sipil negara (ASN) lingkup Kominfo masing-masing provinsi. Namun hingga saat ini, belum ada perwakilan dari Sultra.
Makanya, melalui kunjungan ini, pihaknya berharap ASN bisa mengerti dan mau manfaatkan peluang beasiswa tersebut.

“Beasiswa S2 Kominfo untuk ASN ini ada perwakilannya dari seluruh Indonesia. Namun parahnya, lima tahun berjalan, Sultra belum ada yang mewakili,” katanya. Tak hanya ASN, tahun ini, Unhas juga membuka peluang beasiswa untuk tenaga komunikasi dari kalangan media.

“Media bisa mengirimkan anggotanya untuk lanjut studi. Manfaatkan beasiswa yang ada. Kita sudah siapkan dalam regulasi dari Kominfo. Kami berharap, masyarakat Sultra, utamanya ASN dan pekerja media tahu tentang informasi ini,” harapnya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin merespon positif penjelasan akademisi Unhas tersebut. Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di Graha Pena. “Pertemuan ini, menjadi ajang sharing informasi dan membangun kebersamaan. Terutama mengenai perkembangan dunia pendidikan saat ini. Kami sangat merespon segala upaya yang bisa mendukung kemajuan daerah dan peningkatan mutu pendidikan,” katanya.

Menurut Irwan, bisa saja memang informasi tentang beasiswa S2 Kominfo belum diketahui ASN. Sehingga, tidak bisa manfaatkan peluang tersebut. “Sampai saat ini kita juga tidak pernah tahu ada S2 untuk PNS. Saya yakin, kalau sosialisasinya sampai, banyak yang akan tertarik.
Untuk media, saya rasa ini peluang yang tidak boleh disia-siakan,” jelasnya.

Lebih jauh Irwan menjelaskan, dunia pers harus terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Bukan hanya menyediakan berita yang bagus, tapi juga mengena dengan keinginan publik. “Makanya, pekerja media harus terus mengupgrade pengetahuan. Harus terus belajar supaya menciptakan pemberitaan yang lebih baik lagi,” imbuhnya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy