Jalan Provinsi di Ladongi Rusak Parah, Usulan Pengaspalan tak PernahTerealisasi – Kendari Pos
Kolaka Timur

Jalan Provinsi di Ladongi Rusak Parah, Usulan Pengaspalan tak PernahTerealisasi

KENDARIPOS.CO.ID — Ruas jalan penghubung antara Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe Selatan tak pantas disebut memadai. Akses jalan di sepanjang Kecamatan Loea dan Kecamatan Ladongi itu berlubang. Jika musim kemarau, dipastikan debu beterbangan jika dilintasi. Sebaliknya, jika hujan mengguyur makan badan jalan sulit dilalui. Licin dan berlumpur.

Kondisi jalan penghubung Koltim-Konsel Foto : Dok/KP

Usulan perbaikan sudah sering disampaikan Pemkab Koltim kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim, Bio Mansur mengatakan saat ini kondisi jalan antar kabupaten itu masih rusak. Pemkab Koltim tak bisa berbuat banyak karena status jalan adalah kewenangan Pemprov bukan Pemkab Koltim.

“Kewajiban Pemkab hanya mengusulkan kepada Pemprov untuk ditindaklanjuti. Kami sudah cukup berusaha memasukan dalam program usulan untuk skala prioritas dikerjakan. Seperti pelebaran jalan, pengaspalan, drainase. Kami sudah dijanjikan untuk pengaspalan ruas Ladongi sepanjang 5 kilometer tapi hingga saat ini belum ada. Kita tunggu saja dari Pemprov. Mudah-mudahan cepat direalisasikan,” ujar Bio Mansur kepada Kendari Pos, Minggu (7/7).

Terpisah, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengatakan ruas jalan di Kecamatan Ladongi merupakan kewenangan Pemprov Sultra. Kewenangan penganggaran untuk perbaikan berada di Pemprov. “Jalan di Ladongi menuju Konsel sudah sejak jamannya Gubernur Nur Alam saya usulkan setiap musrembang tetapi belum terealisasi. Kita harapkan jalan penghubung Koltim-Konsel itu bisa menjadi prioritas Pemprov untuk segera diaspal, “ujar Tony Herbiansyah. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy