Gubernur Sultra : Pembangunan Industri Entaskan Kemiskinan – Kendari Pos
Metro Kendari

Gubernur Sultra : Pembangunan Industri Entaskan Kemiskinan

Gubernur Sultra Ali Mazi menandatangani pengesahan Perda tentang pembangunan kawasan industri. Disaksikan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (baju putih), kemarin (23/7) di Gedung Paripurna DPRD Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra Ali Mazi mendukung pembangunan kawasan industri karena dinilai akan menopang peningkatan perekonomian daerah. Peningkatan potensi sektor industri, menurutnya, sebagai salah satu sektor unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja serta pengurangan kemiskinan di Sultra.

“Kita harapkan perekonomian Sultra semakin meningkat. Melalui industri, tingkat kemiskinan Sultra akan menurun. Sebab dengan peningkatan industri, lapangan pekerjaan semakin meningkat, sehingga kemungkinan pengangguran lambat laun akan berkurang,”jelas suami Agista Ariyani itu saat penetapan Perda tentang rencana pembangunan kawasan industri tahun 2019-2039, di Gedung Paripurna DPRD Sultra, kemarin.

Gubernur Sultra Ali Mazi dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh menandatangani pengesahan Perda yang sebelumnya Raperda.
Ali Mazi mengatakan atursan tersebut mendukung pelaksanaan rencana induk pembangunan industri nasional 2015-2035 dan kebijakan industri nasional di daerah.

Upaya pembangunan industri, kata dia, mempertimbangkan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan memperhatikan potensi sumber daya industri daerah. Selain itu, mampu meningkatkan kegiatan sosial ekonomi dan daya dukung lingkungan terkait perkembangan pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia berharap ada langkah-langkah koordinasi dengan kabupaten/kota dan industri yang bertanggung jawab di bidang industri dan perdagangan di daerah. Melakukan dan meningkatkan pembinaan, pengawasan serta pengendalian dalam penyelenggaraan kegiatan usaha perindustrian di daerah. Sehingga semua mampu berjalan sinergi dan pelaksanaannya optimal.

Menurutnya, kebijakan pembangunan industri yang diatur dalam aturan daerah sejalan dengan pendekatan pembangunan yang mengutamakan kesejahteraan masyarakat melalui Sultra Produktif. Hal ini, menekankan pada peningkatan dukungan investasi sektor pertambangan dan industri.

Katanya, dalam pelaksanaan perindustrian di daerah peran masyarakat juga sangat diperlukan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi. Dengan demikian tumbuh rasa memiliki, menjaga dan mengawasi serta memelihara sumber daya alam yang dikelola oleh perindustrian. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy