Gubernur : Perempuan Harus Dilibatkan dalam Menyusun Kebijakan – Kendari Pos
Metro Kendari

Gubernur : Perempuan Harus Dilibatkan dalam Menyusun Kebijakan

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra Ali Mazi mendukung upaya perempuan untuk terlibat dalam membangun daerah. Menurutnya, perempuan merupakan kelompok yang memiliki peran strategis dan berkontribusi terhadap pembangunan sehingga pemberdayaan perempuan harus dilakukan. Wanita harus diberi kesempatan untuk terlibat di dalam agenda-agenda pengambilan keputusan. “Karena aspirasi perempuan perlu diketahui dan didengarkan dalam menyusun kebijakan dan program pemberdayaan perempuan. Mendorong peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan perempuan,” kata Ali Mazi saat memberikan sambutan saat Rembuk Nasional Solidaritas Perempuan, kemarin.

Pasangan Lukman Abunawas itu berharap kegiatan ini menjadi momen percepatan pembangunan, khususnya pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan perlindungan anak. Menurutnya, ada lima poin penting yang dapat dilakukan dalam upaya pemberdayaan perempuan. Yakni, memberi ruang dan terus mendorong perempuan untuk berpartisipasi dalam semua proses dan tahapan pembangunan di semua bidang. Penguatan kelembagaan pengarus utama gender.

Selain itu, meningkatkan anggaran yang responsif gender dan fasilitas publik yang ramah perempuan dan anak. Meningkatkan keterampilan perempuan agar dapat memberdayakan ekonomi perempuan dengan melihat potensi ekonomi di suatu wilayah. Termasuk, mendorong organisasi perempuan membangun koordinasi dengan pemerintah dalam upaya perumusan dan sekaligus pelaksanaan kebijakan pro perempuan.
Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Kongres Nasional ke VIII, Wa Ode Surti Ningsih mengatakan, kongres ini sengaja dilaksanakan di Sultra, sebab di sini dianggab masih banyak permasalahan perempuan.

Di antaranya, buruh migran, petani perempuan dan perempuan warga pesisir yang hak asasi mereka diabaikan akibat kebijakan pemerintah. Katanya, peran perempuan dalam roda peningkatan pembangunan daerah juga sangat besar. Perempuan selalu mensupport pengembangan dan kesejahteraan masyarakat. “Namun terkadang malah tidak didengar aspirasinya. Sehingga kita berharap persoalan perempuan harus segera ditangani, sebab persoalan perempuan persoalan kita semua,”imbuhnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy