Garbarata Jawab Ketimpangan di Sultra : Tingkatkan Daya Saing, Benahi Sektor Perhubungan – Kendari Pos
Garbarata

Garbarata Jawab Ketimpangan di Sultra : Tingkatkan Daya Saing, Benahi Sektor Perhubungan

Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra berupaya mewujudkan interkoneksi seluruh simpul dan ruas transportasi. Untuk itulah, bandar udara, pelabuhan dan terminal yang menjadi pintu gerbang harus terkoneksi. Instrumen ini menjadi bagian penting dalam membuka akses, menghubungkan aktivitas produksi masyarakat yang bernilai ekonomi. Foto : LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Visi Ali Mazi-Lukman Abunawas membangun Sultra begitu besar. Berbagai terobosan telah dilakukan pasangan berakronim AMAN ini untuk menggenjot pembangunan baik infrastruktur, peningkatan SDM, kesehatan hingga pemberdayaan masyarakat. Sebagai pemegang amanah ini, mereka ingin mengatasi persoalan mendasar yang dihadapi Sultra selama ini. Melalui Gerakan Bangun Daratan dan Kepulauan (Garbarata), Ali Mazi-Lukman Abunawas siap menjawab semua persoalan rakyat.

Keseriusan pimpinan Sultra ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019. ‘Terwujudnya Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat’ menjadi visi pemerintah agar mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat. Mewujudkan visi tersebut Pemprov Sultra mengacu lima pilar pembangunan yakni, Sultra cerdas, Sultra sehat, Sultra bantuan keluarga miskin, Sultra beradab dan beriman, serta Sultra produktif.

Lima pilar tersebut menjadi sendi strategi AMAN menuju Sultra yang memiliki ekonomi kuat, daerah maju, aman dan tentram serta masyarakat Sejahtera (Emas) 2023. Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov Sultra telah menetapkan empat misi. Pertama, meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar dapat berdaulat dan aman dalam bidang ekonomi, pangan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, politik, serta iman dan taqwa.

Hado Hasina

Kedua, memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi dan peningkatan investasi. Mewujudkan birokrasi pemerintahan provinsi dengan tata kelola pemerintahan desa yang baik serta peningkatan kapasitas pemerintahan kecamatan dan kelurahan sebagai pusat pelayanan pemerintahan. Terakhir, meningkatkan konektivitas dan kemitraan antar pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan sosial ekonomi.

Untuk meningkatkan daya saing, sektor transportasi menjadi salah satu pilar utama. Dengan tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang memadai, diyakini menjadi pemicu meningkatnya aktivitas perekonomian. Sebab fasilitas perhubungan mampu menginterkoneksikan seluruh wilayah daratan dan kepulauan.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan tersedianya infrastruktur transportasi yang memadai diharapkan akan menggerakkan sektor ekonomi lainnya, salah satunya adalah sektor pariwisata. “Interkoneksi antara destinasi wisata yang ada di Sultra dapat menjadi bandul ekonomi yang akan menstimulir berkembangnya sektor-sektor lainnya. Sehingga, visi dan misi pembangunan yang digagas dapat diwujudkan,” ungkapnya.

Mantan Kadis PU Buton Utara (Butur) ini menambahkan pariwisata sebagai salah satu sektor yang melibatkan cukup banyak masyarakat. Dengan terbukanya akses ini, tentunya akan berdampak positif terhadap bangkitnya aktivitas perekonomian dan mengurangi kemiskinan. (b/yog/)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top