ESDM Sultra : 4.974 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi Disalurkan Tahun Ini – Kendari Pos
Metro Kendari

ESDM Sultra : 4.974 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi Disalurkan Tahun Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendistribusikan bantuan lampu tenaga surya hemat energi (TSHE) di daerah tak tersentuh aliran listrik. Tahun lalu, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mendistribusi bantuan yang berasal dari Kementerian ESDM itu kepada 2.109 penerima tersebar di enam kabupaten di Sultra. Bantuan lampu TSHE itu kembali disalurkan tahun ini kepada 4.974 penerima.

Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan (EBT) Dinas ESDM Sultra, Dermawan Gani mengatakan penyaluran bantuan itu untuk menyiasati sehingga seluruh masyarakat Sultra memperoleh pencahayaan. Bantuannya berupa lampu TSHE hanya disalurkan selama dua tahun ke daerah yang belum mendapat pencahayaan dari pemerintah.

“Berdasarkan data yang diterima dari kabupaten/kota, tahun 2018 terdapat 2.109 penerima lampu TSHE. Sementara untuk tahun 2019 ini, jumlah penerima mengalami peningkatan. Kini sebanyak 4.974 (lengkap, lihat grafis). Penyaluran bantuan hanya dianggarkan tahun 2018-2019,” ungkapnya.

Meski tanpa bantuan lampus TSHE, lembaganya terus berupaya mencari solusi agar seluru masyarakat Sultra bisa 100 persen tersentuh lampu. Pemprov sebenarnya ingin bantuan ini terus berlanjut, sebab masih banyak daerah di Sultra yang sebetulnya belum memperoleh listrik akibat jangkauan yang tidak memungkinkan. Menurutnya TSHE adalah solusi pencahayaan bagi daerah yang tidak terjangkau listrik. Upaya penerangan lainnya, kata dia, melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH). (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy