Empat Paslon Diasumsikan Ikut Pilbup, KPU Muna Butuh Rp 47 Miliar – Kendari Pos
Politik

Empat Paslon Diasumsikan Ikut Pilbup, KPU Muna Butuh Rp 47 Miliar

Kubais


KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupten Muna mengajukan permintaan dana penyelenggaraan pemilihan bupati (Pilbup 2020 mendatang senilai Rp 47 miliar. Proposal itu diajukan dengan asumsi Pilbup Muna akan diikuti empat pasangan calon. Ketua KPU Muna, Kubais, menjelaskan, besaran dana disesuaikan dengan jumlah kandidat sebab beberapa item pembiayaan melekat pada KPU Muna. Empat pasangan calon itu hanya merupakan asumsi untuk menakar dukungan anggaran. Proyeksi tersebut bukan untuk membatasi kontestan.

“Empat pasangan itu terdiri dari tiga pasangan dari partai politik dan satu pasangan incumben,” jelasnya.
Ia menambahkan, perencanaan anggaran merujuk pada keputusan KPU RI nomor 80/81 tahun 2017 tentang standar acuan penyusunan anggaran Pilkada. KPU salah satunya disebutkan mengakomodasi alat peraga kampanye masing-masing calon. Makanya, penambahan item itu berdampak pada besaran biaya. Jika kontenstan dibawah empat pasangan, anggaranpun akan menyesuaikan.

“Spanduk dan baliho itu ditanggung KPU. Maka kami asumsikan akan ada empat pasangan calon yang dibiayai. Kalaupun berkurang, kan anggaran tetap tidak terpakai,” sebutnya. Dalam perencanaan, KPU menyebutkan jika pembiayaan terbesar meliputi honoranium penyelenggara sebesar Rp 16 miliar. Diakui, jumlah kebutuhan tersebut naik signifikan dibanding Pilbup 2015 yang hanya Rp 17 miliar. Hal itu wajar sebab selain APK, dana sosialisasi dan logistik juga bertambah. “Jumlah pemilih naik, konsekuensinya jumlah penyelenggara dan pengamanan ikut naik,” paparnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top