Dugaan Ada Kongkalikong dengan Dishub dan Syahbandar Molawe, Aktivitas PT. LBS Disorot – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dugaan Ada Kongkalikong dengan Dishub dan Syahbandar Molawe, Aktivitas PT. LBS Disorot

Vessel milik PT. LBS berlabuh di perairan blok Matarape, Kecamatan Langgikima, kemarin. Lembaga Pemerhati Pertambangan Konut menyoroti keberadaan kapal tersebut karena diduga melakukan kegiatan bongkar muat di luar kawasan yang diizinkan. Namun, pihak terkait beralasan hanya untuk menghindari cuaca buruk saja.

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe Utara (Konut) dan unit penyelenggara pelabuhan (UPP) Syahbandar Molawe mendapat sorotan dari penggiat lingkungan, Lembaga Pemerhati Pertambangan (Lempeta) Konut. Kritikan itu disebabkan adanya kapal tongkang milik PT Lautan Bahari Sultra (LBS) yang diduga melakukan kegiatan bongkar muat diperairan Konut. Padahal, perusahaan jasa bongkar muat itu, semestinya melakukan aktivitas di luar perairan Konut. Itu sesuai izin yang diberikan.

“Kami menduga keberadaan kapal milik PT. LBS yang berlabuh di perairan blok Matarape, Kecamatan Langgikima dengan alasan menghindari cuaca buruk patut dipertanyakan. Hasil investigasi di lapangan, ada kegiatan kapal vessel dan puluhan tongkang yang melakukan bongkar muat. Sementara itu, sangat bertentangan dengan aturan,” ungkap Ashari, Ketua Lempeta Konut, kemarin.

Pelanggaran kapal milik PT. LBS, kata alumni Fisip UHO itu, sangat bertolak belakang dengan peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 20 tahun 2017 tentang pelabuhan khusus dan Permenhub Nomor 154 tahun 2015 tentang berlayar dan izin olah gerak.
“Setiap perusahaan, memiliki pelabuhan khusus dengan perairan yang sudah ditetapkan. Sehingga, kegiatan transitmen PT. LBS di perairan blok Matarape, Kecamatan Langgikima sangat bertentangan dengan hukum. Itu kami duga ilegal, dan melanggar aturan,” kritiknya.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy