DPPKB Koltim Bentuk Kampung KB Tiap Kecamatan – Kendari Pos
Kolaka Timur

DPPKB Koltim Bentuk Kampung KB Tiap Kecamatan

Kepala DPPKB Koltim, Idarwaty (empat dari kiri) bersama tim kelilingnya mengunjungi kampung KB di Kecamatan Lambandia.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya menekan angka kelahiran, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kolaka Timur (Koltim) membentuk kampung KB. Di Koltim, keberadaan kampung KB ada di tiap kecamatan. Upaya ini tak lain mendukung program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sebagai solusidalam melakukan pembangunan kependudukan KB dan pembangunan keluarga.

Kepala DPPKB Koltim, Idarwaty mengaku terus melakukan upaya pengendalian penduduk sehingga bisa terukur dan terkontrol. Untuk itulah, pihaknya telah membentuk kampung KB di setiap kecamatan. Yang mana, kampung KB mencakup satu desa “Dengan terbentuknya kampung KB, kami berharap dapat membantu masyarakat berprilaku hidup yang berkualitas dan hidup sehat sesuai prespektif program keluarga berencana. Saya harap desa yang ditetapkan sebagai desa kampung KB benar-benar menerapkan prinsip keberhasilan pembinaan dan pengendalian penduduk secara nasional” ujar Idarwaty, kemarin.

Untuk mensukseskan program ini lanjut mantan Plt. Kadis Kominfo Koltim ini, semua stakeholder harus bergandengan tangan dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat. Selain lembaganya, organisasi perangkat daerah seperti Dinas Kesehatan, Disducapil, Dinas Pendidikan dan OPD lain juga ikut terlibat. Tidak hanya sampai di situ, TNI turut dilibatkan dalam mewujudkan ketahanan masyarakat.

“Kami juga telah membentuk pokja kampung KB yang bertugas mengatasi masalah kependudukan terutama di wilayah-wilayah pinggiran, DAS, masyarakat yang padat penduduk, dan banyak keluarga miskin. Salah satu juga tugas pokja kampung KB adalah melakukan pembinaan keluarga balita, remaja, dan keluarga lansia. Kampung KB ini salah satu strategis dalam pemecahan masalah kemiskinan di Koltim,” ungkap Idarwaty.
Di setiap kampung KB kata dia, ada Rumah Dataku. Di situlah data-data kependudukan dihimpun berupa informasi tentang pasangan usia subur setiap dusun, lansia, data remaja dan pembinaan usaha peningkatan pendapatan keluarga menuju keluarga sejahtera.

“Alhamdulillah, program kampung KB ini sangat disupport Bupati Koltim dan Ketua TP-PKK Koltim. Sebagai wujud dukungan tersebut, Pemkab telah merekrut empat PLKB non-PNS setiap kecamatan. Termasuk PPKB daerah untuk penyuluh KB setiap desa dan dusun” tutup Idarwaty. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top