DPM PTSP Bombana Genjot Empat Retribusi – Kendari Pos
Bombana

DPM PTSP Bombana Genjot Empat Retribusi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bombana punya target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tinggi. Untuk mencapai target, DPM PTSP akan menggenjot empat retribusi izin. Kepala DPM PTSP, Pajawa Tarika mengatakan akan memaksimalkan pemungutan retribusi. Dimana sejauh ini masih ada retribusi yang sengaja dihindari masyarakat. Pertama, retribusi izin bangunan sarang burung walet. Terdapat 332 bangunan sarang burung Walet yang dipastikan tidak memiliki IMB.

Kepala DPM PTSP, Pajawa Tarika

“Kedua rumah PNS yang belum menyelesaikan retribusi IMB. Saya tidak tahu, mereka lupa atau pura-pura bodoh. Padahal jelas-jelas ada Perda nomor 13 tahun 2013 tentang IMB,” paparnya, Senin (22/7). Ketiga, bangunan BTN yang telah berubah bentuk. Walau awalnya memiliki IMB tapi ketika bangunan tersebut berubah otomatis IMB sebelumnya dibatalkan. Selanjutnya dihitung berdasarkan luasan bangunan penambahan. IMB-nya harus direvisi. “Dan keempat, yaitu rumah masyarakat yang telah memiliki IMB tetapi beralih fungsi menjadi tempat usaha. IMB-nya akan disesuaikan dengan fungsi bangunan tersebut,” ujar Pajawa Tarikan.

Dalam waktu dekat, DPM PTSP Bombana akan mendata dan sosialisasi terkait pungutan retribusi itu. “Tahun 2019 ini kami akan mendata dan sosialisasi. Tahun 2020 nanti yang didata wajib menyelesaikan retribusinya kepada Pemkab Bombana,”tegas Pajawa Tarika. Ayah empat anak itu mengimbau masyarakat bila akan mengurus segala bentuk perizinan atau menunaikan retribusi agar ke kantor DPM PTSP Bombana. Tanpa melalui perantara atau calo, karena tidak itu dibenarkan. “Meskipun dia oknum staf atau semacamnya jangan percaya. Apalagi jika mereka meminta imbalan. Karena di DPM PTSP semuanya gratis pengurusannya,”tutup Pajawa Tarika. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy