Konawe Kepulauan

Diresmikan 2018, Pasar Wawonii akan Direhabilitasi Anggaran Rp5,6 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak sedikit anggaran negara yang tersedot saat Pasar Sentral Wawonii dibangun tahun 2017 lalu. Pasar yang dibangun dengan anggaran Rp5,8 miliar dan diresmikan tahun 2018 itu belum sepenuhnya dilengkapi sarana pendukung. Bahkan ada bangunan yang akan direhabilitasi. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Perindakop dan UKM) Konawe Kepulauan (Konsep) memandang masih harus menambah fasilitas.

Dinas teknis itu intens berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI. Hasilnya, usulan anggaran penambahan gedung disetujui. Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindakop dan UKM Konkep, Suparman mengatakan tahun ini pasar sentral Wawonii di Desa Mata Langara, Kecamatan Wawonii Barat, mendapat anggaran rehabilitasi dari Kemenetrian Perdagangan.

Sekira Rp 5,6 miliar yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2019 untuk menambah beberapa fasilitas pendukung sarana perkulakan di pusat ibu kota kabupaten. “Rp 5,6 miliar itu untuk rehabilitasi bangunan dan penambahan fasilitas yang mendasar. Seperti air bersih, jaringan listrik dan pemasangan tegel pasar,” kata Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/7).

Para pedagang yang sudah menempati pasar yang dibangun sejak 2017 lalu itu, sudah direlokasi.Mereka menjajakan dagangannya di sarana perkulakan baru, yang berseblahan dengan gedung pasar yang baru. “Saat ini kami sudah suruh pedagang untuk mengosongkan pasar yang akan direhabilitasi. Nanti selesai baru difungsikan kembali pasarnya,” ungkap Suparman tanpa menyebut kapan pasar itu mulai direhabilitasi. (san/b)

Pasar Bernilai Miliaran Rupiah

  • Pasar Wawonii dibangun tahun 2017
  • Menghabiskan anggaran Rp5,8 M dari APBN
  • Tahun 2018 diresmikan Bupati Konkep dalam rangkaian pasar murah
  • Baru setahun diresmikan, pasar itu direhabilitasi.
  • Tahun 2019 kembali dianggarkan Rp5,6 miliar dari APBN Kementerian.
    *Alasanya, masih butuh tambahan beberapa fasilitas pendukung.

Sumber : Dinas Perindakop dan UKM Konkep

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy