Dikbud Wakatobi Klaim Ribuan Siswa Miskin Terima Bantuan – Kendari Pos
Wakatobi

Dikbud Wakatobi Klaim Ribuan Siswa Miskin Terima Bantuan

KENDARIPOS.CO.ID — Bantuan siswa miskin (BSM) yang disalurkan melalui program Pendidikan Bersinar sudah memasuki tahun ketiganya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi mengklaim program ini telah banyak membantu ribuan siswa tidak mampu. Dinas Dikbud Wakatobi mengklaim hampir semua siswa tidak mampu di Wakatobi tersentuh bantuan Pendidikan Bersinar. Siswa tidak mampu tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tersentuh bantuan ini melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dan BSM ala Bupati Wakatobi, Arhawi.

Ilustrasi murid SD

“Alhamdulilah sejak disalurkan pada tahun 2017 hingga sekarang untuk SD sudah sebanyak 7.582 siswa. BSM sebanyak 962 siswa dan PIP sebanyak 6.620,” ungkap Aliwangi, Kepala Dinas Dikbud Wakatobi, Senin (8/7). Jika dikalkulasi sebanyak 61 persen siswa SD di Wakatobi telah menerima bantuan ini. Dari jumlah seluruh siswa SD tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 12.129.

Sementara untuk tingkat SMP sudah 81 persen yang mendapatkan bantuan yang melalui APBN dan APBD ini. “Kalau SMP untuk penerima PIP sebanyak 4.522 dan BSM ada 539 orang. Totalnya 5.061 yang telah menerima bantuan dari 6.204 jumlah siswa secara keseluruhan,” tambah Aliwangi. Ratusan pelajaran lainnya tidak mendapat bantuan ini berlatar belakang orang tua yang masuk kategori mampu.

“Tapi, kita terus meminta data dari pihak sekolah. Data ini bisa saja berubah jika sudah diverifikasi lagi yang disesuaikan dengan syarat yang ada. Tapi, untuk yang telah menerima PIP tidak bisa lagi mendapatkan BSM. Kami bisa menyebut hampir 100 persen siswa kurang mampu di Wakatobi telah menerima bantuan baik PIP maupun BSM,” pungkas memantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPM PTSP) Kabupaten Wakatobi ini. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top