Diguyur BSPS, Pemda Muna Bedah 1.120 Rumah – Kendari Pos
Muna

Diguyur BSPS, Pemda Muna Bedah 1.120 Rumah

KENDARIPOS.CO.ID — Program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) kembali mengguyur masyarakat di Kabupaten Muna. Sebanyak 1.120 unit rumah akan dibedah tahun 2019. Jumlah itu merupakan yang terbesar di Sultra. Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu, Eka Rahendra menyebutkan, sebanyak 5.000 unit rumah di Sultra masuk dalam program BSPS. Kabupaten Muna merupakan penerima terbesar program itu dan disebar pada 18 kecamatan dan 64 desa/kelurahan. BSPS sendiri bersifat pemberdayaan.

Bupati Muna, LM Rusman Emba (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) kepada perwakilan masyarakat.

Masyarakat penerima manfaat hanya diberi dana stimulan senilai Rp17,5 juta. “Dana itu dikonversi menjadi bahan bangunan. Sudah termasuk gaji pekerja sebesar Rp2,5 juta. Makanya penerima manfaat didorong berswadaya karena uangnya tidak akan cukup membangun penuh satu unit rumah,” ujarnya, Senin (8/7).

Pelaksanaan program itu dikawal langsung oleh Kejaksaan Tinggi Sultra melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Pemkab maupun fasilitator lapangan diberi jaminan hukum dalam mengerjakan proyek itu. Sebaliknya, TP4D juga mengawal proyek dari potensi penyimpangan. “Tidak usah khawatir karena kami siap memberi pendampingan. Kerjakan sesuai ketentuan dan jangan main-main,” kata Sugiatno Migano, Ketua TP4D Muna.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengaku bersyukur sebab Muna dijatah paling banyak. Ia mengakui hal itu tidak luput dari peran anggota DPR RI, Ridwan Bae. Masyarakat dimintanya bersyukur agar bantuan itu terus mengalir ke Muna. “Itulah nikmatnya bersyukur karena pasti rezekinya ditambahkan. Kita berharap program ini berkelanjutan,” paparnya.

Ia mewanti-wanti agar fasilitator bekerja profesional dalam memberikan pendampingan pada penerima manfaat. Apalagi, 1.120 rumah itu ialah milik warga Muna yang kurang mampu. “Paling banyak Muna yang dapat, ini tentu keuntungan tersendiri punya wakil rakyat yang peduli,” tuturnya. Pada kegiatan itu, Pemkab menyerahkan buku tabungan secara simbolis melalui Bank BPD Sultra. Penerima manfaat tidak mengantongi uang tunai melainkan dalam bentuk material bangunan. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top