Dapat Dana Hibah dari Pemerintah Australia, Arhawi Poles Jalan di Wakatobi – Kendari Pos
Wakatobi

Dapat Dana Hibah dari Pemerintah Australia, Arhawi Poles Jalan di Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Wakatobi, Arhawi cukup kreatif mencari sumber anggaran untuk pembangunan infrastruktur di wilayahnya. Dana hibah yang diperolehnya dari Pemerintah Australia digunakan memoles jalan kabupaten dan provinsi. Dana miliaran rupiah itu untuk perbaikan dan peningkatan jalan. “Kalau jalan provinsi sepanjang sembilan kilometer dengan anggaran sekira Rp53 miliar dan jalan kabupaten anggarannya kurang lebih Rp26 miliar,” ujar Arhawi di sela-sela blusukan memantau proyek pekerjaan jalan di di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, kemarin.

Bupati Wakatobi, Arhawi ingin memastikan pekerjaan proyek jalan lancar. Dia memanfaatkan waktu luang untuk blusukan ke lapangan.

Arhawi turun memantau untuk memastikan pekerjaan proyek berjalan sesuai desain sembari diskusi dengan pekerja dan masyarakat. Pendekatan itu dilakukan Arhawi agar proyek berjalan lancar. Hasilnya, beberapa masyarakat rela menebang pohon kelapanya yang berada tepat di bahu jalan. “Hanya memantau saja agar pekerjaan jalan ini berjalan lancar. Alhamdulilah, banyak masyarakat yang mengikhlaskan pohon kelapanya ditebang,” ungkap Arhawi didampingi Kepala Inspektorat Wakatobi, Nursaleh, Camat Wangi-Wangi Selatan,Kabag Protokoler, Komunikasi Publik dan Kerja Sama, La Ode Ifi.

Ketua KONI Wakatobi itu tak sungkan memindahkan sepeda motor yang terparkir di jalan agar alat berat leluasa melintas memadatkan material aspal. Ia juga memantau penebangan pohon kelapa hingga selesai. Untuk diketahui, dana hibah dari Pemerintah Australia yang masuk ke Indonesia tahun ini sebanyak Rp500 miliar bagi daerah yang masuk 10 top destinasi prioritas nasional. Pada tahun ini baru lima daerah yang mendapatkan anggaran tersebut yakni Sultra (khususnya Wakatobi), Bangka Belitung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Timur. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top