DAK DPPKB Konut Meningkat : Dari 200 Juta, Sekarang Rp 6 Miliar – Kendari Pos
Konawe Utara

DAK DPPKB Konut Meningkat : Dari 200 Juta, Sekarang Rp 6 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Dana alokasi khusus (DAK) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Konawe Utara (Konut) diklaim meningkat setiap tahun. Kepala DPKKB Konut, Kasim Pagala menuturkan dari tahun 2015 anggaran DAK DPPK Konut hanya bertengger pada angka Rp 200 juta dalam pengelolaan kependudukan di Konut.

Kepala DPPKB Konut, Kasim Pagala dalam sebuah kegiatan. DAK DPPKB Konut menanjak saban tahun. Semula hanya kisaran ratusan juta, kini mencapai angka Rp 6 miliar.

Porsi DAK mulai menanjak sejak tahun 2016 dengan angka mencapai miliaran rupiah. “Tahun 2016 mencapai Rp 1,5 miliar dan tahun 2017 sekira Rp 3 miliar. Porsi DAK mengalami peningkatan pada tahun 2018 yakni Rp 4,5 miliar. Hingga pada tahun 2019 dana DAK DPPKB Konut berada pada angka Rp 6 miliar,”urai Kasim Pagala.

Kenaikan DAK setiap tahunnya tidak terlepas dari keberhasilan program yang dijalankan DPPKB Konut. Mulai dari program metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) yang meraih juara 1 tingkat provinsi dan tingkat pusat tahun 2016-2018. Selain itu, program informasi konseling (PIK) remaja peringkat 1 tingkat provinsi 2017 hingga 2018 serta pengelolaan program kegiatan bina keluarga berencana, program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) dan pencanangan kampung KB di 13 kecamatan.

Termasuk pembinaan dan peningkatan kader bina keluarga balita (BKB), Keluarga Lansia (BKL) serta Keluarga (Remaja) di 13 kecamatan.”Dari capaian program itu, Kabupaten Konut berhasil mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari presiden pada tahun 2018,” ungkap Kasim Pagala. (min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top