CPNSD Konut Belum juga Terima SK 80 Persen, Kinerja BKPSDM Dipertanyakan – Kendari Pos
Konawe Utara

CPNSD Konut Belum juga Terima SK 80 Persen, Kinerja BKPSDM Dipertanyakan

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konawe Utara (Konut) dinilai tidak becus. Ratusan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) belum menerima SK 80 persen sejak dinyatakan lulus seleksi tahun 2018. Nasib ratusan CPNSD Konut masih menggantung. Rekan mereka di kabupaten lain sudah menerima SK 80 persen. Bahkan para bidan di Kabupaten Muna Barat sudah menerima SK 100 persen.

Ratusan CPNSD saat mengadu ke Bupati Konawe Utara

Resah tak kunjung menerima SK 80 persen, ratusan CPNSD Konut mengadu kepada Bupati Ruksamin. Mantan Ketua DPRD Konut itu bahkan kecewa akan kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konut setelah tahu ratusan belum terima SK.
Berbalut seragam PNS, mereka menggelar orasi. Bupati Konut dibuat kaget dengan aduan CPNSD. Perwakilan CPNSD, Raldin menuturkan seluruh rekannya telah mempertanyakan SK 80 pengangkatan sebagai PNS ke BKPSDM Konut. Sayangnya, jawaban yang didapatkan dari BKPSDM menggantung.

“Kami sudah pertanyakan pada Kepala BKPSDM. Alasannya, SK itu gampang, sementara sejak tiga minggu lalu kami disuruh bertugas. Seperti guru tidak bisa masuk dapodik kalau SK-nya belum ada. Begitu pula dengan teman-teman teknis, tidak bisa melaksanakan tugas luar karena tidak punya SPPD,”ujarnya dihadapan Bupati Konut, Ruksamin yang didampingi dengan Kapolsek Asera, Kompol Muh Basir, Senin (22/7).

Raldin menegaskan keluhan belum adanya SK 80 disampaikan lantaran telah berbulan-bulan lamanya menantikan SK tak kunjung diberikan. Makanya ratusan calon ASN terpaksa mengadu pada Bupati Konut untuk mengetahui SK tersebut mandeknya dimana. “Termasuk gaji kami, Kepala BKPSDM mengaku gaji akan dibayarkan sesuai TMT. Sementara Kepala BPKAD sampaikan belum tahu jumlah calon ASN yang lulus,” beber Raldin dan diamini CPNSD lainnya.

Bupati Konut, Ruksamin mengaku kecewa dengan kinerja BKPSDM. “Saya juga heran kenapa SK CPNSD belum ada. Di daerah lain para abdi negara sudah terima SK. Karena dasarnya bekerja kalau sudah menerima SK. Jadi kalau ada bahasa ada (SK) di meja bupati. Silakan periksa meja bupati, kalau ada,”tegas Ruksamin. Mantan Wakil Bupati Konut menyinggung soal gaji calon CPNSD. Menurutnya, gaji CPNSD tetap diberikan. Namun harus berdasarkan SK yang dikeluarkan. “Tidak usah khawatir, mau terhitung 1 Januari atau 1 April, Pemda wajib membayarkan kalian punya hak. Tapi dasarnya SK dulu. Jadi tidak apa-apa. Kerja saja. Gaji tetap akan dibayar,” ungkap Ruksamin. Pasangan Wakil Bupati Konut, Raup itu pun berjanji SK calon ASN akan direalisasikan oleh Pemkab Konut pekan depan. Penjelasan Bupati Konut, Ruksamin itu membuat para CPNSD lega. (min/b)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top