CEO Selibriti, Oleh : Dahlan Iskan – Laman 3 – Kendari Pos
Kolom

CEO Selibriti, Oleh : Dahlan Iskan

HF2 tidak peduli prestasi Iacocca. Yang menekuni karir selama 32 tahun di Ford. Lacocca diberhentikan. Tidak ada alasan apa pun kecuali ini: ‘Saya tidak suka padanya’. Hanya itu kata-kata pemegang saham Ford. Di Amerika memang biasa orang diberhentikan dengan cara seperti itu. Beberapa bulan kemudian Iacocca sudah menjadi CEO Chrysler. Yang lagi terancam bangkrut. Pemerintah Amerika sangat berkepentingan menyelamatkan Chrysler. Sebagai salah satu icon kehebatan Amerika. Pemerintah pun siap memberi pinjaman sekitar Rp 20 triliun.

Tapi Iacocca tidak mau diberi pinjaman. Ia merasa cukup kalau diberi government guarantee. Dengan jaminan itu ia bisa cari pinjaman sendiri. Top: menolak diberi uang. Keselebritian Iacocca pun berlanjut. Apalagi ia bikin putusan aneh – – untuk ukuran negara kapitalis: setahun pertama di Chrysler hanya minta digaji 1 dolar. Chrysler pun selamat. Setahun sebelumnya perusahaan itu rugi sekitar Rp 20 triliun. Empat tahun kemudian sudah bisa laba Rp 30 triliun. Hanya dalam waktu empat tahun (1980-1984) Iacocca bisa membalik telapak tangan Chrysler.

Jaminan pemerintah pun diselesaikan dalam empat tahun itu. Tujuh tahun lebih cepat dari perjanjian. Nama Iacocca terus membumbung. Di Chryslerlah Iacocca memperkenalkan Minivan. Yang dianggap lucu di Amerika. Tapi nyatanya laris. Lantas ia putuskan untuk membeli Jeep. Yang ditentang oleh para penasehatnya. Ternyata Jeep laris. Menjadi telur emasnya Chrysler saat itu. Jeep Cherokee sangat digemari. Gaji Iacocca pun tidak lagi 1 dolar. Menjadi Rp 200 miliar setahun.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy