Bombana

Cegah Izin Palsu, Pemkab Bombana Terapkan QR Code

KENDARIPOS.CO.ID — Jangan pernah mencoba memalsukan dokumen izin usaha di Kabupaten Bombana jika tak ingin berhadapan dengan hukum. Pemkab Bombana sudah punya sistem keamanan dalam memproteksi potensi pemalsuan dokumen. Keaslian dokumen izin terjamin dengan adanya penerapan proses pemindaian berbasis elektronik. Setiap dokumen izin kini dilengkapi Quick Response Code (QR Code) atau kode batang dua dimensi. Dinas Penenaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Bombana menerapkan QR Code untuk meningkatkan mutu pelayanan perizinan yang berbasis elektronik.

Kepala DPM PTSP Bombana, Pajawa Tarika menjelaskan fungsi dan kegunaan Quick Response Code (QR Code) atau kode batang dua dimensi dalam menjamin keaslian dokumen perizinan saat peluncuran QR Code, Kamis (4/7).

Sekda Pemkab Bombana, Burhanuddin A.HS. Noy meluncurkan penerapan QR Code secara resmi, Kamis (4/7) yang dihadiri pejabat Pemkab dan pimpinan perbankan dan pelaku usaha lainnya. Burhanuddin mengatakan penerapan sistem elektronik pada era digital sangat dibutuhkan.
Apabila masih menggunakan sistem

manual,maka pemerintahan Bombana akan sangat ketinggalan dalam pelayanan masyarakat. “Jangan sampai kita akan tertinggal jauh oleh peradaban. Ibaratnya, orang-orang sudah naik ke bulan sedangkan kita masih jalan kaki,” ujar memberi analogi.

Burhanuddin menambahkan diterapkannya QR Code ini untuk menjamin keamanan dokumen yang akan diterbitkan. “Terutama dalam pelayanan perizinan sehingga dokumen-dokumen yang di terbitkan pemerintah daerah tidak mudah untuk di manipulasi atau di palsukan,” jelasnya.
Kepala DPM PTSP Bombana, Pajawa Tarika mengatakan sistem keamanan dokumen izin berbasis QR Code sangat membantu pelaku usaha mendapatkan kepastian hukum terkait keaslian dokumen izin dan non izin yang dimiliki dengan cara melakukan scan QR Code melalui handphone. QR code pada dokumen terkoneksi dengan arsip dokumen yang ada pada website resmi DPM PTSP Bombana. “Inilah yang membedakan antara QR code biasa pada aplikasi umum lainnya dengan QR code yang kami terapkan,” ujar Pajawa Tarika. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy