Calon Haji Konawe-Kolaka Naik Pesawat, JCH Kolut Pilih Jalur Laut – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

Calon Haji Konawe-Kolaka Naik Pesawat, JCH Kolut Pilih Jalur Laut

KENDARIPOS.CO.ID — 824 calon haji dari tiga kabupaten resmi dilepas bupati menuju Embarkasi, Makassar, kemarin. Rinciannya, 485 calon haji Kolaka dilepas Bupati Kolaka, Ahmad Safei. Begitu pula 163 calon haji Konawe dilepas Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan 176 calon haji Kolut dilepas bupati yang diwakili Wakil Bupati Kolut, Abbas. Calon haji Kolaka menuju Makassar melalui Bandara Sangia Nibandera pada 25 Juli, besok. Sedangkan calon haji Konawe menempuh perjalanan darat menuju Bandara Halu Oleo, Konawe Selatan. Lalu terbang menuju embarkasi di Makassar.

Calon haji asal Kolut menuju embarkasih Makassar melalui jalur laut. Mereka start di dermaga Tobaku Kecamatan Katoi menuju Siwa, Sulsel menggunakan kapal feri, Selasa (23/7). Tampak calon haji melambaikan tangan kepada keluarga yang mengantar.

Jika calon haji Kolaka dan Konawe naik pesawat, lain halnya dengan calon haji Kolut. Mereka memilih jalur laut melalui feri KMP New Camellia dari dermaga Tobaku Kecamatan Katoi menuju Siwa, Sulsel, Selasa (23/7). Tiga jam berlayar, calon haji Kolut sandar di pelabuhan tetangga lalu melanjutkan perjalanan darat menuju Asrama Haji Embarkasi Sudiang menggunakan bus dan kendaraan pribadi.

Calon haji Kolut yang terbagi dalam kloter 26 dan 28 akan melintasi delapan kabupaten dengan jarak sekira 380 kilometer. “Jaga kesehatan, saling menjaga dan kami semua berharap para jamaah bersungguh-sungguh ibadah di Baitullah,” pesan Wakil Bupati Kolut, H.Abbas, kemarin.
Di tempat terpisah, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei berharap 485 calon haji agar mendoakan Bumi Mekongga semakin maju, berkeadilan, dan sejahtera. “Tanah suci merupakan tempat yang baik untuk memanjatkan doa. Olehnya itu, kami minta agar jamaah mendoakan yang terbaik untuk daerah yang kita cintai ini,” pintanya saat melepas calon haji di Mesjid Agung Khaerah Ummah, Selasa (23/7).

Orang nomor satu di Kabupaten Kolaka itu mengingatkan calon haji agar menjaga nama baik Bumi Mekongga selama di Tanah Suci. “Semuanya harus fokus melaksanakan ibadah haji dan bukan sebagai pedagang atau wisatawan. Jaga kesehatan, tingkatkan koordinasi dan kebersamaan antar calon haji dengan ketua kafilah, ketua rombongan, ketua kelompok. Saya minta ketua rombongan supaya mengenali anggotanya,” perintah Ahmad Safei kepada Sekretaris Disdukcapil Kolaka, Muchtar yang ditunjuk sebagai Ketua Kafilah Haji Kolaka.

Calon haji Kolaka terbagi dalam kloter 28 dan 30. Kloter 28 berjumlah 413 orang akan terbang melalui Bandara Sangia Nibandera menuju Makassar pada 25 Juli. Menyusul kloter 30 yang berjumlah 72 orang menuju Makassar pada 27 Juli. Dari Kabupaten Konawe dilaporkan, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melepas keberangkatan 163 calon haji, Selasa (23/7) pagi. Bupati Konawe berpesan jamaah tidak meninggalkan rombongan agar tidak tersesat di Arab Saudi. “Jangan pergi sendiri. Kalau ada apa-apa tolong laporkan kepada pendamping kloter. Semoga pergi dan pulang masih dalam keadaan sehat semuanya. Fokuslah beribadah dan menunaikan rukun islam kelima,” pesan Kery Saiful Konggoasa. (rus/fad/hel/b)


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy