Caleg Terpilih Bisa Ditetapkan Pasca Putusan Sela PHPU Pileg di MK – Kendari Pos
Politik

Caleg Terpilih Bisa Ditetapkan Pasca Putusan Sela PHPU Pileg di MK

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca putusan sela Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Calon Legislatif dibacakan Mahkamah Konstitusi (MK), penyelenggara pemilu di daerah sudah bisa menetapkan calon anggota legislatif terpilih. Alasannya, MK sudah memutuskan sejumlah perkara tidak dilanjutkan ke tahap pembuktian.

Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan, jika sudah ada putusan dismissal dan perkara tidak dilanjut, KPU provinsi, kabupaten/kota dalam perkara tersebut dapat melanjutkan kegiatan ke tahap berikutnya. Yaitu penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih. Hasyim menyebut putusan dismissal bisa menjadi dasar hukum penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

“Bagi perkara yang diputus dismissal berarti permohonan tak lanjut ke tahap pembuktian. Itu sudah merupakan putusan akhir,” kata Hasyim di gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (23/7). Untuk perkara yang berlanjut, menurut Hasyim, ada beberapa kemungkinan yang akan diambil MK. Pertama, MK akan mengeluarkan putusan sela. Amar putusan sela bisa berupa pemungutan suara ulang (PSU), hitung ulang, atau rekap ulang. Kedua, MK akan mengeluarkan putusan akhir menolak permohonan. Artinya pokok perkara sudah diperiksa dalam proses pembuktian. Namun, hakim menilai dalil pemohon tidak terbukti. Sehingga permohonan ditolak. Kemungkinan ketiga, MK akan mengeluarkan putusan akhir yang menerima permohonan pemohon.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy