Butuh Kerja Sama Pulihkan Konawe : Korban Banjir Sudah Tinggalkan Pengungsian – Laman 3 – Kendari Pos
Konawe

Butuh Kerja Sama Pulihkan Konawe : Korban Banjir Sudah Tinggalkan Pengungsian

Ia menjelaskan, berdasarkan data BPBD Konawe, 89.130 jiwa terdampak banjir. Selain itu, areal pertanian yang dilaporkan rusak seluas 7.290 hektar lahan persawahan, serta 846 hektar lahan perkebunan produktif. “Bencana banjir yang melanda Konawe juga telah merusak infrastruktur jalan, jembatan, saluran irigasi, serta tanggul milik pemerintah daerah. Hitungan sementara, kerugian yang dialami Pemda Konawe akibat bencana banjir ini sekitar Rp700 miliar. Ini berdasarkan akumulasi kerugian dari berbagai sektor,” terangnya.

Dijelaskannya, kerugian paling banyak berada di sektor infrastruktur, dan pertanian. Pasalnya, Konawe sendiri merupakan daerah penghasil beras terbesar di Sultra. Juga sebagai pemasok sayuran dan cabai untuk Kota Kendari. “Area pertanian kita terluas di Kecamatan Uepai, Pondidaha, dan Wonggeduku. Sementara ketiga kecamatan ini adalah wilayah terparah khususnya di Kecamatan Pondidaha dan Kecamatan Wonggeduku yang sampai saat ini masih terendam,” jelasnya.

Untuk diketahui, kini Pemkab Konawe sedang memperbaiki saluran irigasi yang berada di Kecamatan Padangguni. Ini mengairi sekitar 9.000 hektar lahan pertanian di Kecamatan Abuki, dan Padangguni yang kini memasuki musim tanam. Untuk diketahui, saat ini Konawe masih status masa transisi bencana, sehingga logistik masih terus disalurkan. Pemkab masih fokus membantu warga membersihkan rumah, serta memperbaiki fasilitas umum yang rusak. (b/hel)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy