Bupati Muna : Birokrasi Jangan Hanya Menghabiskan Anggaran – Kendari Pos
Muna

Bupati Muna : Birokrasi Jangan Hanya Menghabiskan Anggaran

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna LM. Rusman Emba mulai gusar dengan kondisi keuangan daerah ditengah banyaknya kebutuhan masyarakat. Ia meminta aparaturnya berpikir kreatif. Tak hanya menghabiskan anggaran, perangkat daerah harus mampu mendatangkan uang. APBD Muna senilai Rp1,1 triliun memang tak bisa diharap banyak. Rusman menyebut, dana pembangunan tersisa sekitar Rp50 miliar setelah dipotong gaji pegawai, angsuran kredit daerah dan transfer alokasi dana desa. Ia meminta OPD berupaya keras menggenjot sektor produktif. Salah satunya pendapatan asli daerah (PAD).

Rusman Emba

“Birokrasi jangan hanya berpikir bagaimana menghabiskan anggaran. Kita harus berpikir kreatif mendatangkan uang,” kata Rusman Emba, Senin (15/7) saat menyerahkan surat pemberitahuan pajak terutang pada seluruh kolektor pajak di Muna. Soal pajak bumi dan bangunan (PBB), Rusman meminta agar dikutip maksimal untuk mendongkrak pundi-pundi PAD. Kolektor yang kinerjanya memuaskan akan diberi apresiasi. “Kalau ada reward, saya yakin pemungut pajak juga semangat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Muna, Ari Asis menjelaskan proyeksi pendapatan PBB tahun ini meningkat dua kali lipat dari Rp1,4 miliar menjadi Rp2,8 miliar. Jumlah itu menyusul hasil validasi ulang data SPPT. “Setelah ada penyesuaian data satu kecamatan saja, SPPT sudah naik dari 71.111 menjadi 72.683 SPPD. Kalau dikonversi, nilainya bisa Rp2,8 miliar,” terangnya.

Mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna itu menyebutkan, potensi PBB di Kabupaten Muna sebenarnya bisa mencapai Rp16 miliar. Belum digarap maksimal sebab data kepemilikan lahan belum diperbaharui dalam 10 tahun terakhir. Hal itu berdampak pula pada nilai objek pajak tanah dan bangunan. “Baru satu kecamatan mampu kita validasi sudah ada 1.000 lebih SPPT baru. Kalau dilakukan seluruhnya, potensi itu tidak mustahil diraih,” imbuh Ari Asis. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top