Bupati Buteng Haramkan Ada Pungutan dalam Seleksi Sekda – Kendari Pos
Buton Tengah

Bupati Buteng Haramkan Ada Pungutan dalam Seleksi Sekda

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin ikut mengawasi proses seleksi lelang jabatan Sekretaris Kabupaten (Sekab). Dia ingin memastikan proses pencarian “Jenderal PNS” lingkup Buteng itu terlaksana dengan baik dan lancar. Paling penting, tidak boleh ada pungutan liar atau suap dalam proses seleksi tersebut. “Haram hukumnya ada pungutan (suap) dalam proses seleksi Sekda (Sekab) ini,” tegas Samahuddin, kemarin. Politisi PDIP ini mengaku akan mengambil tindakan tegas, bila terbukti ada pejabat daerah, mencoba memanfaatkan peluang untuk mengambil pungutan dari para pendaftar.

Samahuddin

“Jika itu terbukti, maka sanksinya langsung di nonaktifkan dari jabatan. Ini berlaku, apabila ada yang kedapatan melakukan pungutan. Begitu juga sebaliknya, apabila ditemukan pendaftar mencoba menyuap panitia untuk mendongkrak nilai atau yang lainnya, maka pasti akan dibatalkan,” tegasnya lagi.

Lebih jauh Samahuddin menjelaskan, pendaftaran Sekab terbuka untuk umum. Siapa pun bisa mengikuti lelang jabatan. “Siapapun bisa, tidak ada namanya bayar-membayar, semua gratis. Dan seleksi ini terbuka bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra,” jelasnya. Komitmen Samahuddin dalam memberantas pungutan liar sudah dilakukan sejak dulu.

Mulai dari pengisian jabatan eselon II, III, dan IV hingga jabatan fungsional. Dia memastikan, tak ada pungutan apapun. Sama halnya pada saat rekrutmen CPNS 2018 lalu. “Selama saya masih memimpin Buteng, saya jamin, tidak ada namanya pungutan apapun. Dan semua jabatan yang lelang bersifat murni,” tuturnya. Samahuddin berharap, seleksi jabatan Sekab bisa berjalan dengan baik. Apalagi jabatan Sekab merupakan jabatan penting dalam daerah. Untuk itu, ia berharap, rekrutmen yang sudah dimulai bisa berjalan sesuai harapan. “Harapan kita seperti itu,” imbuhnya. Untuk diketahui proses seleksi Sekan dimulai 24 Juli lalu dan berakhir Agustus mendatang. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top