BPPRD Kota Kendari : 57 Perekam Pajak Terpasang di Rumah Makan – Kendari Pos
Metro Kendari

BPPRD Kota Kendari : 57 Perekam Pajak Terpasang di Rumah Makan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kota (pemkot) Kendari terus berupaya untuk menggenjot Pendapatan Asli Daearah (PAD) dari sektor pajak. Salah satunya, memasang alat perekam pajak pada rumah makan serta restoran yang ada di metro ini. Sekretaris Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Sapri mengatakan, pemasangan alat perekam ini menjadi tindak lanjut atas kerjasama Pemkot dengan Koorsupgah KPK RI. Sebagai tahap awal, Pemkot menyiapkan 100 alat perekam pajak yang akan dipasang di sejumlah kedai makanan di Kendari. Pemasangan alat tersebut lanjutnya, dimulai sejak akhir Juni lalu dan ditargetkan tuntas terpasang seluruhnya hingga akhir Juli 2019.

Seorang staf BPPRD Kota Kendari berada di salah satu rumah makan yang telah dipasangi alat perekam pajak.

“Alatnya disediakan oleh Bank Sultra. Satu unit, kita sewa Rp 300 ribu per bulan. Saat ini sudah terpasang 57 unit di beberapa rumah makan dan restoran,” ujar Sapri, Kamis (4/7) ditemui di ruang kerjanya. Sapri menjelaskan, alat perekam pajak ini bukan untuk menyusahkan pelaku usaha yang juga wajib pajak.

Namun, Pemkot menambah tugas pelaku usaha untuk memungut pajak rumah makan sebesar 10 persen secara langsung dari setiap konsumen. Pelaporan pajak rumah makan dan restoran selama ini sifatnya akumulatif. Nanti sebulan, mereka setorkan pajaknya yang 10 persen. “Dengan alat ini, transaksi yang terjadi setiap harinya di rumah makan bisa terdeteksi. Sebab, alat perekam pajak sudah terkoneksi dengan dashboard yang ada di Pemkot dan KPK,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Kendari itu juga menambahkan, sejauh ini respon pemilik rumah makan dan masyarakat cukup bagus terhadap pemasangan alat perekam pajak itu. BPPRD juga menyertakan stiker dan banner imbauan di setiap rumah makan yang telah dipasangi alat perekam pajak. Sapri menyebut, ada beberapa kendala yang biasa ditemui dalam pemasangat alat ini.

Seperti, pemilik rumah makan yang kasirnya belum paham informasi teknologi dan harus minta izin ke pusat sebab bisnisnya berupa franchise. “Alhamdulillah hal itu bisa teratasi. Sebab, pemasangan alat ini tujuannya untuk meningkatkan PAD Kota Kendari. Saya optimis, hal itu bakal terwujud. Nantinya, kita juga akan pasang alat perekam pajak semacam ini di hotel dan tempat hiburan di Kendari,” beber Sapri. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy