BPPR Wakatobi Optimasi PAD Pajak Reklame – Kendari Pos
Wakatobi

BPPR Wakatobi Optimasi PAD Pajak Reklame

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak reklame di Kabupaten Wakatobi belum maksimal. Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi (BPPR) Kabupaten Wakatobi mulai bergerak mengintensifkan PAD dari sektor tersebut. Salah satunya melakukan sosialisasi sebagai upaya penertiban usaha-usaha baik milik pribadi maupun yang berbadan hukum. Muaranya sangat jelas, untuk meningkatkan PAD.

Kepala BPPR Wakatobi, Syamsul Bahri mengungkapkan UU nomor 28 tahun 2009 tentang penetapan pajak dan retribusi menjadi dasar mengutip pajak. “Ada sejumlah komponen objek pajak menjadi kewenangan pemerintah kabupaten untuk mengendalikan dan mengawasi. Dimana pengelola usaha melalui pajak reklame wajib diberlakukan satu kali dalam sebulan,” ujarnya, kemarin.

Misalnya pengelola hotel dan rumah makan warung harus memiliki label. Label usaha itulah yang menjadi sasaran sosialisasi. Optimalisasi pajak reklame diyakini dapat mendongkrak PAD. “Salah satunya dengan intensifikasi yakni memberikan penyuluhan, penguatan, regulasi yang masuk dalam data base kami,” tandas Syamsul Bahri. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top