Bombana Terapkan Kawasan Tanpa Rokok – Kendari Pos
Bombana

Bombana Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

KENDARIPOS.CO.ID — Perokok di Kabupaten Bombana tidak sembarang lagi merokok. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Bombana menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sesuai amanah pasal 115 ayat 1 dan ayat 2 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kepala Dinkes Bombana, dr. Sunandar menjelaskan KTR merupakan area yang dinyatakan dilarang untuk melakukan kegiatan produksi, penjualan, iklan, promosi dan atau penggunaan rokok.

KTR itu seperti tempat umum, tempat kerja tertutup, sarana kesehatan, tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah dan angkutan umum. “Penetapan KTR ini upaya perlindungan untuk masyarakat terhadap risiko ancaman gangguan kesehatan karena lingkungan tercemar asap rokok,” ujarnya, kemarin.

Komitmen lintas sektor dan berbagai elemen akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan KTR. dr.Sunandar menjelaskan KTR diatur pula dalam Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 188/Menkes/PB/I/2011 dan Nomor 7 tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan KTR dan dikuatkan dengan PP Nomor 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan.

“Terkait imbauan tidak merokok pada tempat yang telah di tentukan sejak tahun 2015 telah diterbitkan Keputusan Bupati Nomor 36 tentang KTR di Bombana,”jelas mantan Direktur RSUD Bombana itu.
(kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top