Baru 1 Mesin Pompa Beroperasi, Distribusi Air PDAM Belum Normal – Kendari Pos
Metro Kendari

Baru 1 Mesin Pompa Beroperasi, Distribusi Air PDAM Belum Normal

KENDARIPOS.CO.ID — Sambungan pipa air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari di Pohara yang rusak telah tuntas dibenahi, Selasa (17/7). Meski begitu, baru satu mesin pompa yang beroperasi sehingga distribusi air dilakukan secara bergilir kepada pelanggan.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin mengatakan, terlepasnya sambungan pipa membuat pengoperasian pompa PDAM di Intake Pohara terhenti selama tiga hari. Sehingga distribusi air juga dihentikan ke pelanggan di Kecamatan Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Puuwatu, Wuawua dan Kadia. Saat ini lanjut Damin, pendistribusian air di 6 wilayah itu belum bisa normal seperti hari biasa. Sebab, dari tiga pompa yang berada di Intake Pohara, baru satu unit pompa saja yang difungsikan pengoperasiannya.

“Biasanya kita fungsikan dua pompa. Namun, penimbunan jalannya belum selesai. Tanahnya juga belum padat. Kalau kita paksakan dua pompa, takutnya pipa itu kaget, bergeser dan menyebabkan kerusakan lagi,” ujar Damin.

Dengan pengoperasian satu pompa PDAM itu, lanjut Damin, pengaliran air ke sebagian wilayah metro terpaksa digilir. Kata ia, hanya di jam-jam tertentu saja air bisa mengalir ke rumah pelanggan. Hal itu dikarenakan, debit air yang mampu ditarik ke bak reservoaralias bak penampungan air yang ada di Punggolaka, ikut mengalami penyusutan. “Kalau satu pompa difungsikan, nanti 6 jam diisi baru bisa didistribusikan. Sementara, jika kedua pompa sudah digunakan lagi, bak reservoar bisa menampung air hanya dalam waktu 2,5 jam saja. Satu pompa itu mampu menarik air sebanyak 195 liter per detik. Kalau dua pompa lebih besar lagi tarikannya. Per detiknya bisa sampai 275 liter air,” rincinya.

Damin mengaku, saat ini juga terus memantau progress penimbunan tanah di Pohara yang dilakukan oleh Balai Pelaksanan Jalan Nasional (BPJN) Kendari. Ia turun langsung ke lapangan sebab khawatir terjadi hal-hal yang diluar prediksinya. Damin juga memproyeksi, paling lambat hari ini (Kamis, red), dua unit pompa di Intake Pohara sudah bisa difungsikan kembali untuk melayani pemenuhan air bersih bagi warga Kendari. “Target kami memang tiga hari air bisa normal. Alhamdulillah semua lancar sampai saat ini. Asal penimbunannya bagus, kami berani nyalakan dua pompa. Kalau sudah ditimbun itu kan artinya pipa PDAM sudah diikat dengan tanah,” imbuhnya. (m1/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy